Ratusan Pelaku UMKM di Riau Ikuti Pelatihan Gernas BBI dan BBWI

Selasa, 28 Maret 2023

PEKANBARU, Riautribune.com - Ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menenagh (UMKM) yang tergabung di Provinsi Riau, mengikuti sesi belajar singkat fotografi menggunakan smartphone atau ponsel pintar saat Pelatihan Onboarding dan Digitalisasi UMKM Juara Provinsi Riau pada sesi "Teknik Foto Produk Yang Menarik Pelanggan", Selasa (28/3/2023) yang dilaksanakan secara online atau dalam jaringan. 

Materi pembelajaran diberikan oleh Dimas Rahmad Pamungkas selaku Founder Bhre Produksi yang memberikan materi belajar singkat fotografi yang merupakan rangkaian Pelatihan Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). 

Dimas Rahmat Pamungkas secara rinci dan jelas memberikan ilmunya dalam hal fotografi. Dimas menjelaskan, fotografi bisa dilakukan secara sederhana oleh pelaku usaha UMKM, tanpa perlu menggunakan kamera canggih atau aplikasi memotret. 

“Membuat foto dan video bisa menggunakan smartphone, tidak perlu menggunakan kamera yang canggih. Banyak rekan pengusaha yang sudah bisa menghasilkan foto bagus untuk produknya hanya mengandalkan smartphone karena sudah mengerti caranya, bahkan tanpa menggunakan aplikasi foto,” ujarnya. 

Dimas memberikan banyak ilmu mengenai teknik-teknik dasar fotografi dengan menggunakan telepon genggam. Seperti mengenai tata letak, exposure, pencahayaan, hingga alas dan background. 

Dimas juga memperlihatkan beberapa contoh hasil foto para peserta UMKM yang pernah mengikuti pelatihan fotografi sederhana.  

“Perhatikan cahaya dan alas serta background saat melakukan pemotretan. Bahkan, bapak-ibu juga bisa menggunakan properti rumah tangga yang tersedia di rumah, jadi tidak perlu membeli. Penting bagaimana gambarnya menjadi bagus dan bisa menarik pelanggan,” urainya. 

Peserta webinar sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Usai pemaparan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta yang juga melalui interkasi langsung maupun melalui ruangan meeting di aplikasi zoom meeting. ***