Jual Berbagai Makanan Berbuka, Sekda Rohil Buka Bazar Ramadhan 1444 H/2023

Sabtu, 25 Maret 2023

Sekda Rohil H Fauzi Efrizal mengunting pita membuka bazar ramadan 1444 H/2023.

BAGASIAPIAPI; Riautribune.com - Mewakili Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, Sekretaris Daerah (Sekda) H Fauzi Efrizal, meresmikan Bazar (Pasar) Ramadan 1444 H/2023, di Jalan Mawar, Bagansiapiapi, Jumat (24/03/2023). 

Pembukaan Bazar Ramadhan 1444 H/2023 ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, bersama 
Kajari Rohil Yuliarni Appy, Kadis Perindagsar Mursal, Kepala Satpol PP Syafnurizal, Kapolsek Bangko Kompol Dedi Susanto, Kodim 0321/Rohil, serta dihadiri Camat Bangko Aspri Mulya. 

Bazar Ramadan 1444 H/2023 menjual berbagai jenis makanan dan minuman segar untuk berbuka puasa, seperti aneka lauk-pauk gorengan, sambal, gulai, ayam rendang, dan berbagai jenis masakan sayur. Adapun minuman segar, seperti air kelapa muda, es buah, es dawet (cendol), jus buah, air tebu, serta berbagai minuman menyegarkan lainnya. 

Sekda Rohil H Fauzi Efrizal mengatakan, Pasar atau Bazar Ramadan dibuka untuk membantu masyarakat memperoleh makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Apa yang dijual di Pasar Ramadan, kata Sekda, terkadang tidak ada dijual pada hari biasa. 

"Sehingga pada saat Ramadan ini biasanya muncul panganan yang merupakan ciri khas makanan  Bagansiapiapi yang disediakan di Pasar Ramadhan ini," kata Sekda Fauzi Efrizal. 

Selain itu, Sekda menghimbau serta meminta kepada masyarakat harus ada inovasi dalam produksi dan memasarkan produk usaha menengah kecil dan mikro (UMKM). Sebab, jelas Sekda, konsumen yang berbelanja aneka takjil berbuka puasa itu dari berbagai kalangan. 

"Di kota Bagan ini tidak hanya masyarakat Melayu yang berbelanja melainkan juga ada warga Tionghoa untuk menikmati masakan khas Bagansiapiapi," terangnya. 

Dirinya juga mengharapkan kepada penjual untuk menjaga kualitas dan mutu masakan yang dijual, sehingga masyarakat lebih enak dan nyaman untuk berbelanja. 

Usai membuka Pasar Ramadan 1444 H/2023, Sekda bersama rombongan meninjau langsung lapak para pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman berbuka di Pasar Ramadhan tersebut. 

Kadis Perindagsar Mursal mengatakan, Pasar Ramadan merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi Ramadan di kota Bagansiapiapi. Tidak saja di Pasar Ramadan, penjual berbagai jenis takjil juga bertebaran di pinggir-pinggir jalan. 

"Pasar Ramadhan merupakan pasar tahunan yang dibuka sempena Bulan Suci Ramadhan. Pasar ini khusus untuk pedagang yang menjual takjil untuk berbuka puasa, pedagang yang berjualan disini kita akomodir, ” kata Mursal. (amran)