Marek Hamsik Motor Slovakia

Kamis, 16 Juni 2016

Marek Hamsik.(internet)

SAAT Slovakia amat butuh kemenangan, Marek Hamsik menunjukkan kelasnya sebagai pemain bintang. Hamsik menjadi motor kemenangan timnya atas Rusia. Slovakia mengawali kiprahnya di Piala Eropa 2016 dengan kurang mulus. Mereka kalah 1-2 dari Wales pada pertandingan pertama, Sabtu (11/6/2016) lalu.

Demi menjaga peluang lolos ke babak berikutnya, Slovakia pun mengincar kemenangan saat bertemu Rusia di Stade Pierre Mauroy, Lille Metropole, Rabu (15/6/2016). Rusia sendiri juga butuh hasil maksimal setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 dengan Inggris.

Laga berjalan tidak mudah bagi Slovakia karena mereka kalah penguasaan bola. Alhasil, mereka pun lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Meski begitu, Slovakia lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Pada menit ke-32, mereka memecahkan kebuntuan lewat gol Vladimir Weiss.

Gol Weiss itu tak lepas dari kecerdikan Hamsik. Hamsik yang menguasai bola di belakang garis tengah melepaskan umpan panjang ke arah Weiss. Weiss lantas memaksimalkannya setelah mengecoh dua bek lawan.

Pada menit-menit akhir babak pertama, Hamsik membawa Slovakia unggul 2-0 lewat sebuah gol cantik. Usai menerima operan dari Weiss, dia melepaskan tembakan keras ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau kiper Igor Akinfeev.

Slovakia akhirnya menang 2-1 pada laga tersebut. Rusia cuma mampu membalas sekali melalui gol Denis Glushakov pada menit ke-80.

Statistik pertandingan menunjukkan betapa besarnya peran Hamsik dalam kemenangan Slovakia. Gelandang Napoli itu tercatat 66 kali menyentuh bola, paling banyak di antara semua pemain Slovakia. Dia melepaskan lima tembakan sepanjang laga, juga yang paling banyak di tim Slovakia.

Hamsik melepaskan 52 operan, lagi-lagi yang paling banyak di antara semua pemain Slovakia, dengan akurasi 78,9%. Pesepakbola berusia 28 tahun itu juga aktif membantu pertahanan dengan membuat dua intersep.

"Marek Hamsik sudah sangat lama bermain bagus untuk Slovakia. Dia adalah salah satu pemimpin tim ini bersama Martin Skrtel," puji pelatih Slovakia, Jan Kozak, di situs resmi UEFA.

"Performa dia hari ini luar biasa. Dia banyak membantu pertahanan dan mencetak sebuah gol indah yang sangat berperan dalam kemenangan kami," kata Kozak.

Hamsik sejauh ini telah tampil pada 89 pertandingan bersama Slovakia. Dia sudah menyumbangkan 19 gol untuk negaranya.

"Pada gol saya, Vladimir Weiss melihat saya dan memberi assist. Saya lihat saya sendirian dan oleh karena itu saya berusaha mencetak gol," tutur Hamsik.

"Kami berharap bisa melaju di turnamen ini. Jadi, kita lihat saja apa yang terjadi besok antara Inggris dan Wales," katanya.(dtc/rt)