Kapolres Rohil Minta Bupati Kerahkan BPBD Bantu Pemadaman Karhutla

Senin, 20 Maret 2023

Kapolres Rohil

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SIK MH, mengatakan ada empat kali kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Rohil, yakni di Kecamatan Sinaboi, Rimba Melintang, Pekaitan, dan Palika. 

Hanya saja, kata Kapolres, penanganan dan pemadaman karhutla belum melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Rohil, dan instansi terkait lain. Sebab itu, Kapolres meminta bantuan kepada Bupati Rohil mengerahkan BPBD dan instansi terkait jika ada tejadi karhutla.  

"Ini mohon bantuannya Pak Bupati. Karena beberapa kali ini saya lihat personil yang melakukan pemadaman itu ada yang TNI, Polri dan warga setempat. Meminta kepada pak Bupati agar dapat memerintahkan BPBD atau instansi terkait untuk membantu pemadaman api," kata Kapolres AKBP Andrian Pramudianto, Selasa (20/03/2023) di Gedung H Misran Rais, Bagansiapiapi. 

Dikatakan Kapolres, sampai saat ini baru terdeteksi empat kali kebakaran hutan dan lahan di empat kecamatan tersebut. Sebab, kebakaran hutan dan lahan di empat titik, di empat kecamatan itu masih disebabkan faktor alamiah. 

"Kami dengan keterbatasan yang ada, dan minimnya alat pompa portable, dan personil, perlu bantuan mengatasi karhutla," terang Kapolres. 

Dikatakan Kapolres, kondisi cuaca kini memasuki musim panas, atau musim kemarau dengan cuaca panas. "Kondisi saat ini masuk musim kemarau, dengan tingkat kepanasan yang lebih tinggi dari pada bulan sebelumnya," ujar Kapolres. (amran)