DPRD Rohil: Musrenbang Harus Dapat Tampung Aspirasi Setiap Kepenghuluan

Jumat, 17 Maret 2023

Wakil Ketua II DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, dan Bupati Rohil Afrizal Sintong di Musrenbang RKPD 2024.

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Ketua II DPRD Rokan Hilir (Rohil) Basiran Nur Efendi SE, menyampaikan agar Musrenbang RKPD 2024 dapat menampung aspirasi dari semua kecamatan, kelurahan dan kepenghuluan. 

Hal itu, kata politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), agar ada pemerataan dalam pelaksanaan pembangunan. 

"Supaya ada pemerataan pembangunan, terutama infrastruktur di Kabupaten Rokan Hilir," kata Basiran Nur Efendi, yang juga Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Rohil, yang hadir pada Musrenbang RKPD 2023, di Gedung H Misran Rais, Bagansiapiapi, Kamis (16/3/2023). 

Menurutnya pemerataan pembangunan itu penting, dan jika pun ada kecamatan, kelurahan, atau kepenghuluan yang lebih atau kurang dalam mendapat porsi pembangunan, suatu hal yang biasa. 

"Tapi jangan pula pembangunan menumpuk di satu kecamatan," terang Basiran Nur Efendi. 

Dengan ada pemerataan itu, jelas Basiran Nur Efendi, rekan-rekan dan kawan-kawan dari setiap kepenghuluan, kelurahan, dan kecamatan yang hadir pada Musrenbang RKPD 2024 dapat membawa kabar gembira aspirasi yang mereka usulkan kepada masyarakatnya. 

"Jangan ada kawan-kawan dari kecamatan, kelurahan, dan kepenghuluan balek dape banyak, dan ado pulo balek tak dapek, hampo," ujar Basiran Nur Efendi, Anggota DPRD Rohil dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Rohil.  

Pelaksanaan RKPD, jelas Basiran Nur Efendi, hendaknya sesuai dengan skala prioritas, baik di kepenghuluan, kelurahan, maupun kecamatan. Adapun prioritas pembangunan, antara lain kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur. 

"Selain kesehatan, ata-rata kepenghuluan itu mengusulkan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan agar memperlancar aktifitas masyarakat. Prioritas pembangunan Itu yang harus diutamakan, dan itu yang kita disampaikan ke Bappeda (Rohil) tadi," ucap Basiran Nur Efendi  

Selain itu, Basiran Nur Efendi juga berharap pelaksana kegiatan dapat betul-betul menjalankan kegiatan. "Jadi kita memang bekerja itu betul-betul secara profesional dan proporsional," katanya. 

Datuk Penghulu Siarang Arang, Kecamatan Pujud, Darmalis SE, mengatakan ada berbagai usulan yang diajukan pada Musrenbang RKPD 2024. 

Yang paling penting itu, selain kesehatan, pendidikan, pertanian dan perkebunan, serta peningkatan ekonomi masyarakat, katanya, adalah jalan penghubung antara desa/kepenghuluan dengan kecamatan. 

"Seluruh desa/kepenghuluan (yang menghadiri musrenbang ini) rata-rata mengajukan pembangunan jalan desa ke kecamatan. Itu yang penting. Sebab, kalau jalan desa ke Kecamatan itu bagus, maka akan turut meningkatkan ekonomi masyarakat, dan lain sebagainya," jelasnya. (amran)