Buka Musrenbang RKPD Rohil 2024, Bupati Rohil: Harus Sesuai Keinginan Masyarakat

Kamis, 16 Maret 2023

Ka Bappeda Rohil Zuhri menandatangani komitmen disaksikan Bupati Afrizal Sintong Waka II DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, dan Litbang Bappeda Riau.

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - 
Pemkab Rohil melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda), melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024, di Gedung H Misran Rais, Bagansiapiapi, Kamis (16/3/2023). 

Agenda tahunan Pemkab Rohil ini dibuka Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, dengan mengusung tema "Meningkatkan Pelayana Kesehatan Yang Berkualitas Kepada Masyarakat Dengan Tata Kelola Pemerintahan Dan Pelayanan Publik Yang Baik". 

Bupati Rohil Afrizal Sintong meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun RKPD dan melaksanakan APBD Rohil 2024, harus betul-betul diperuntukkan untuk membangun sesuai yang diinginkan masyarakat, yang diajukan dari musrenbang tingkat desa. 

"Penyusunan RKPD dan APBD harus betul-betul dari keinginan masyarakat. Apa yang sifatnya prioritas bagi masyarakat, ini yang harus kita kejar dan masukkan dalam pembangunan," jelas Bupati Afrizal Sintong. 

Bupati juga mendesak agar penyusunan RKPD 2024 dapat diselesaikan Mei 2023. Sehingga Pemkab Rohil dapat mengirimkan berkas ke Pemprov Riau untuk segera diverifikasi. 

"Mudah-mudahan bisa cepat selesai, supaya APBD Rohil 2024 dapat disahkan tepat waktu pada bulan November 2023, sehingga rencana pembangunan dapat segera dilaksanakan," jelasnya. 

Bupati juga berharap ada kerjasama dan koordinasi dengan Pemprov Riau dan pemerintah pusat. Pemkab Rohil dan Pemprov Riau, jelas Bupati Afrizal Sintong, pada intinya ingin berbuat yang terbaik kepada masyarakat. 

"Meskipun dengan berbagai keterbatasan yang ada, Pemkab Rohil tetap bekerja sesuai aturan yang berlaku," jelas Bupati Afrizal Sintong. 

Musrenbang RKPD Rohil 2024 turut dihadiri Anggota DPRD Riau dari Dapil Rohil H Syarifudin Iput (Gerindra, Ketua Komisi II DPRD Riau), dan Abu Khoiri (PKB, Anggota Komisi III DPRD Riau). 

H Syarifudin Iput, mengatakan sebagai Anggota DPRD Riau dari Dapil Rohil, pada tahun lalu telah berhasil memperjuangkan Rp 10 miliar dari Pemprov Riau, untuk pembiayaan berbagai program pembangunan di Rohil. 

Dari Rp 10 miliar itu, antara lain Rp 4,5 miliar diperuntukan untuk program perekonomian, Rp 3 miliar di PUPR Provinsi, Rp 1,6 miliar alat tangki semprot pertanian (1.445 unit), dan bantuan kepada 4.200 petani. Syafrudin Iput mengatakan, ia memang menginkan seluruh petani mendapat bantuan peralatan semprot pertanian.  

Pada APBD Riau 2023-2024 ini, juga ada  batuan usaha tani, pembangunan 2.500 meter Jalan Usaha Tani di Desa Panji Panji, pembangunan 2.500 meter jalan di Desa Serusa, mesin pengilingan padi dan lain-lain. 

"Dengan catatan desa (Serusa) hibahkan tanah ke Pemda. Nanti dapat Rp 4 miliar untuk satu set mesin pengilingan padi. Juga ada 30 unit rumah layak huni diusulkan 2024, dan 2.000 unit mesin kapal nelayan," jelas Syafrudin Iput. 

Pembangunan jalan lingkungan, jelas Syafrudin, juga ada untuk kelurahan, dan pembangunan jalan 7 km di Suak Air Hitam. Selain itu, sebut Syafrudin, ia juga terus memperjuangkan penyelesaian Jalan Lintas Pesisir Timur di Rohil, yang menghubungkan Pekaitan - Panipahan. 

"Program Jalan Lintas Pesisir ini setiap tahun akan terus saya perjuangkan. Jangan sampai pembangunan Jalan Lintas Timur Rohil ini menjadi proyek gagal," jelas Syafrudin Iput. 

Musrenbang RKPD 2024 turut dihadiri Wakil Ketua II DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Wakil Ketua III DPRD Rohil Hamzah, Kepala Bappeda Rohil Zuhri, Kabag Litbang Bappeda Pemprov Riau, Dan Pos AL Satrad Letda laut (T) Adi Supriadi,  Kodim 0321/Rohil, Polres Rohil, Kejari Rohil, Kepala OPD Pemkab Rohil, dan lain-lain. (amran)