Angkat Tema Tentang Lingkungan, Komahi Fisip Unri Taja Kegiatan Tintafor X

Selasa, 14 Maret 2023

Pemukulan gong sebagai tanda pembukaan acara Tintafor X secara resmi

PEKANBARU, Riautribune.com - Korps Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (Komahi) Universitas Riau kembali melaksanakan acara tahunan Tambusai Internasional Affairs Forum (Tintafor). Di tahun 2023 ini, kegiatan Tintafor yang dilalukan telah memasuki tahun ke-10. 

Ketua Panitia Tintafor X, Ridho Maulana menjelaskan, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 14 - 19 Maret 2023 ini mengangkat tema " Green Philosophy: The Way To Think About Planet. 

"Kegiatan ini akan berlangsung selama enam hari yang diisi dengan sejumlah kegiatan, antara lain Seminar nasional, diplomatic course dan pemaparan paper dari sejumlah delegasi yang membajas isu-isu internasional. Selain itu juga akan dilaksanakan kegiatan studi tour ke Taman Hutan Raya, Minas," jelas Ridho saat acarabpembukaan Tintafor X di Gedung Wanita Pekanbaru, Selasa (14/3/2023). 

Hadir dalam acara pembukaan Tintafor X, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Makmun Murod, Rektor Universitas Riau yang diwakili Wakil Rektor III Unri, Dr. Hermandra, MA, Dekan Fisip Unri yang diwakili Wakil Dekan III, Saiman Pakpahan, Presiden Ikatan Alumni HI Unri, Satria Utama Batubara, dan sejumlah pimpinan organisasi mahasiswa. 

Sementara itu Mayor Korps Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional  Unri, Naualdy Amirul Arif mengungkapkan, Komahi sebagai wadah aktivitas mahasiswa HI secara konsisten terus melaksanakan program Tintafor yang telah memasuki tahun kesepuluh. 

"Kami berharap kegiatan tahun ini dapat diikuti dengan baik oleh para peserta, baik saat seminar yang mengangkat tema tentang lingkungan dengan menghadirkan narasumber berkompeten, maupun pada sesi Diplomatic Course dan penyajian paper dari para delegasi," ungkapnya. 

Dekan Fisip Unri yang diwakili Wakil Dekan III, Saiman Pakpahan dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap tema yang diangkat. "Isu tentang lingkungan hari-hari belakangan ini menjadi isu penting yang menjadi perhatian dunia. Ini juga menunjukkan bahwa kajian ilmu di Hubungan Internasional bukan hanya soal politik dan negara saja, tapi juga masuk ke persoalan lebih mendasar dari umat manusia. Semoga diskusi dan seminar yang dilakukan dalam kegiatan ini dapat menjadi rekomendasi kepada pemerintah dalam membuat kebijakan terkait lingkungan," harapnya. 

Rektor Universitas Riau yang diwakili Wakil Rektor III Unri, Dr. Hermandra, MA, juga menyambut baik pelaksanaan Tintafor X ini. Rektor berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. 

"Kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis dan mengasah kemampuan intelektual seperti ini harus tetap dilaksanakan secara kontiniu karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan bagi para mahasiswa," pungkasnya. ***