Bagus Santoso Apresiasi IKB Jateng Pemersatu Organisasi Paguyuban

Ahad, 12 Maret 2023

Bagus Santoso menghadiri undangan silaturahmi dan tasyakuran 1 tahun berdirinya IKB  -Jateng Provinsi Riau

PEKANBARU, Riautribune.com -  Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, yang juga sebagai Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Bawor Jawa Tengah (IKB Jateng) Provinsi Riau turut bangga karena IKB Jateng menjadi sarana pemersatu organisasi paguyuban lain yang ada di Riau. 

“ Apresiasi istimewa untuk Ketua umum, Pakde Urip dan jajaran IKB Jateng sangat peduli terhadap misi mulia nyambung persaudaraan melalui wadah paguyuban,” katanya. 

Ini disampaikan Wabup Bengkalis saat memberikan kata sambutan pada acara menghadiri undangan silaturahmi dan tasyakuran 1 tahun berdirinya IKB  -Jateng Provinsi Riau, Minggu  (12/3/2023), bertempat di kediaman Bapak Kasir, Jl. Garuda, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, RT 05 / RW 08, Pekanbaru. 

Lebih lanjut dikatakan Bagus Santoso, sesuai data jumlah komposisi etnis Jawa di bumi Riau sangat strategis. Posisinya menempati terbesar kedua setelah etnis tempatan Melayu. "Mari kita niatkan bersama ambil peran turut andil memajukan pembangunan di Bumi tempat kita berpijak sekarang, yaitu Riau tercinta,“ katanya. 

Selanjutnya, Penasehat IKB Jateng yang juga Ketum PAMOR (Pagayuban Masyarakat Solo Riau) menambahkan, etnis suku Jawa di Riau menempati posisi kedua terbesar setelah suku tempatan Melayu. Terbukti etnis jawa mampu melebur beradaptasi menjadi bagian dari satu kesatuan sebagai warga Riau memiliki tanggung jawab menjaga keharmonisan serta memajukan pembangunan. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa IKB Jateng dan paguyuban lainnya telah berbaur bermasyarakat dengan budayanya dengan berpegang teguh pada bhineka tunggal ika. Bermakna orang Jawa itu harus bisa berkontribusi untuk pembangunan di bumi lancang kuning. "Nyambung Seduluran itu harus kompak, makin guyub dan saling tolong menolong", katanya. 

Sementara itu, tuan rumah, Mas Kasir mengatakan kegiatan ini merupakan cikal bakal refleksi kita bersama dalam menyambut 1 tahun organisasi IKB Jateng. 

"Insya Allah 27 Mei 2023 nanti akan dilaksanakan puncak peringatan HUT IKB Jateng, didalamnya akan kombinasikan berbagai macam kegiatan diantaranya shalwatan, wayang, campursari, kuda lumping, festival UMKM dan berbagai macam kegiatan lainnya," jelas Kasir 

Ketum IKB Jateng Urip Sutriyanto pada sambutannya menjelaskan latar belakang terbentuknya IKB Jateng, dimana IKB ini mewadahi keluarga Jawa yg tergabung di Provinsi Riau yang bermuara pada sosial kemasyarakatan dan budaya. 

"IKB membuka untuk semua lini, dan mengangkat ekonomi dari  segala komoditi perekonomian yang ada, Kuncinya satu tetap junjung tinggi budaya Melayu yang ada di provinsi Riau", pungkasnya. 

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Riau Mas Kasir sekaligus tuan rumah, Sugiyanto, Ketum IKB Urip Sutriyanto, Pembina PAMOR Pakde Tugimin, Kampriwoto tokoh Jawa Riau, Ketua Harian Suparmin, Wakil Ketua Harian IKB Jateng Fajar Surya Pratomo, DPP Perhimpunan Pemuda dan Mahasiswa Jawa Riau (PPMJR), KWS, PAWON , Group Seni,Kelompok Penjual Dawet Banjarnegara dan undangan lainnya. Acara dimeriahkan seni kolaborasi tradisional gamelan dan Campur Sari.***