Tito Karnavian Calon Tunggal Diajukan ke DPR RI

Rabu, 15 Juni 2016

Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian.(internet)

JAKARTA-riautribune: Presiden Jokowi sudah mengajukan nama Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun. Komisi III DPR mengapresiasi keputusan Presiden tersebut dan Tito dinilai sudah memenuhi syarat untuk menjadi Kapolri.

"‎Komjen Pol Tito Karnavian, dari sisi kepangkatan sudah memenuhi ketentuan, yakni bintang 3. Namun dari sisi senioritas dia melompati beberapa angkatan," kata Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, Rabu (15/6).

Namun dari sisi mampuan, kecerdasan, intelektualitas dan profesionalitas, menurut politisi Partai Golkar ini, tidak ada yang meragukan.

"Kami berharap jika nanti lolos fit and proper di DPR RI, Tito menjadi perekat semua faksi yang ada di Polri. Sehingga kedepan Polri tambah solid dalam menghadapi tantangan perkembangan masyarakat yang semakin kompleks," sebut Bamsoet.

Diketahui, ada sembilan jenderal bintang tiga Polri yang siap menggantikan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti (angkatan 1982) yang memasuki masa pensiun bulan depan. Mereka adalah:
Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan (angkatan 1983)
Irwasum Komjen Pol Dwi Priyatno (angkatan 1982)
Kabaharkam Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno (angkatan 1984)
Kabareskrim Komjen Pol Anang Iskandar (angkatan 1982)
Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso (angkatan 1984)
Kabaintelkam Komjen Pol Noer Ali (angkatan 1981)
Kalemdikpol Komjen Pol Syafruddin (angkatan 1985)
Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian (angkatan 1987)
Sekretaris Utama Lemhannas Komjen Pol Suhardi Alius (angkatan 1985).(rmol/rt)