Eddy Yatim Dapil Bengkalis Serahkan Hand Traktor

Sabtu, 11 Maret 2023

Eddy Yatim Menyerahkan Hand Traktor

PEKANBARU-riautribuneIngin terus memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Bengkalis khususnya desa Resam Lapis RT 07 RW 7, Eddy A Mohd Yatim S.Sos.Msi anggota DPRD Riau khususnya komisi I, menyerahkan satu unit Hand Traktor  kepada kelompok tani Maju Bersama. Alat pertanian ini, diharapkan dapat memaksimalkan masyarakat dalam meningkatkan hasil-hasil pertaniannya.

“Saya berharap, dengan hadirnya alat pertanian ini, dapat meningkatkan Produksi pertanian warga. Tidak ada lagi kesulitan dalam membajak lahan, dan harus saling bersama-sama menjaga pertanian, dan ke awetan alat, sebagai bentuk untuk maju bersama,”Ucap Eddy kepada warga yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Junaidi ST, kemarin dalam agenda reses anggota DPRD Riau turun ke Dapil

    Desa Resam lapis dikenal dengan sejumlah program pertanian, di desa ini banyak lahir kelompok kelompok tani, dan sukses dalam sejumlah program. Ada pengembangan lahan gambut  sebagai lahan pertanian. Bahkan baru-baru ini, Kelompok masyarakat Maju Bersama, Desa Resam Lapis, Kacamatan Bantan menuai hasil maksimal pada panen perdana budidaya ikan lele dengan sistem bioflok, yang merupakan program Revitalisasi Sosial Ekonomi Masyarakat dari Badan Restorasi Gambut.

    Sebagai informasi bencana kebakaran hutan maret 2020 lalu, BRG menetapkan Desa Resam Lapis sebagai Desa Peduli Gambut agar masyarakat mempunyai kepedulian sosial terhadap lahan gambut agar tidak terjadi lagi bencana kebakaran. Tidak hanya itu, Desa Resam lapis juga ditetapkan sebagai desa peduli anak.

    Dalam sambutannya, Junaidi ST, Kepala desa mengutarakan, dirinya juga berharap kedepan, ada usulan mengenai pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di desa ini, sehingga hasil pertanian, dapat dijual ke pasar lebih cepat, tanpa ada kendala.

   “Kami sejak awal, mengusulkan banyak titik, agar beberapa desa di kabupaten Bengkalis ini mendapatkan alat pertanian. Akan tetapi kadang tim survei di Dinas Pertanian Provinsi juga melakukan penilaian, soal kelayakkan, tahapan verifikasi. Dan keluarlah di tahun 2022, kami berhasil mengusulkan 6 titik, di Kabupaten Bengkalis kelompok tani, yang ditunjuk dan dinilai layak untuk penerima bantuan hibah alat pertanian. Jadi memang program yang kami usulkan, tetap melalui proses, dan tentu juga tidak terlepas dari dorongan Pemerintah Provinsi Riau dan OPD Mitra,”Ucap Eddy A Mohd Yatim yang pernah meniti karir di Riau Pos Grup.

    Diakhir agenda reses ke Dapil ini, Eddy yatim menyerahkan alat secara simbolis, serata menuturkan tetap berkomunikasi, dan akan terus memantau dan membina pengembangan kelompok tani, dan perawatan mesin hands traktor untuk rakyat.(rls)