Ditemukan Ladang Ganja di Okura

Rabu, 15 Juni 2016

PEKANBARU-riautribune: Nampaknya Forkominda kota Pekanbaru dan masyarakat perlu waspada, perihalnya pebisnis narkoba kini sudah mulai mendekatkan industri produknya dengan pangsa pasar. Betapa tidak, baru-baru ini tim Polda Riau baru saja menemukan ladang ganja di Okura, Rumbai.

Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau berhasil menemukan ladang ganja disebuah lahan kosong yang berada di kawasan Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (14/6).

Daun haram itu ditamani dilahan yang ditumbuhi sawit dan dikelilingi semak belukar. Petugas menyita beberapa batang ganja setinggi 1 meter lebih. Sisanya akan dimusnahkan. Pemilik lahan sendiri sampai saat ini masih dalam penyelidikan, belum tahu siapanya.

Menurut Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, Selasa (14/6/2016) malam, penemuan ladang ini berawal dari laporan masyarakat yang menyebut di lokasi dimaksud sering keluar masuk mobil yang dikendarai orang tak dikenal.

Informasi ini kemudian didalami Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Riau. Selanjutnya berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau untuk melakukan pengecekan ke lokasi.

"Belasan personil bersenjata lengkap langsung diterjunkan menyisir lokasi pada Selasa siang tadi. Kemudian ditemukan tanaman ganja yang sudah besar," sebut Guntur.

Dari operasi yang dipimpin Direktur Reserse Narkoba Komisaris Besar Hermansyah SIK ini, petugas mencabuti seluruh batang dan langsung mengamankanya ke Mako Polda Riau.

Saat ini, petugas masih mencari pemilik lahan ataupun penanamnya. Kepolisian juga menyelidiki apakah sudah ada tanaman yang sudah dipanen dan kemudian diedarkan.

"Dalam operasi ini, Kepolisian juga dibantu beberapa sekuriti dari PT Arara Abadi untuk menemukan lokasi penanaman. Medannya cukup sulit dan jauh dari keramaian," kata Guntur.

Penemuan ladang ganja ini merupakan pertama kalinya di Riau. Sebelumnya memang pernah diamankan beberapa tersangka yang mencoba membuka ladang ganja. Hanya saja, ganja yang ditanam masih berada di pot bunga dan masih kecil.(Jenk)