Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru Ludes Dilahap Api, Sekdako : Pasti akan Dibangun Ulang

Senin, 06 Maret 2023

Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyampaikan Pemko Pekanbaru akan membangun ulang gedung MPP Kota Pekanbaru yang mengalami musibah kebakaran beberapa waktu lalu (dok. Reynold/riautribune.com)

PEKANBARU, Riautribune.com - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru habis dilahap api pada Minggu, 5 Maret 2023 lalu.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru rencanakan akan kembali membangun gedung MPP Kota Pekanbaru yang mengalami musibah kebakaran tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution saat ditemui oleh Riautribune di lokasi Forum Group Discussion yang diadakan pada Senin, 6 Maret 2023.

"Tentunya (gedung MPP Kota Pekanbaru) akan dibangun ulang," jawab Indra Pomi.

Indra Pomi menyatakan bahwa gedung MPP akan dibangun ulang, tetapi untuk sementara masih menunggu hasil rapat internal bersama beberapa pihak Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Untuk rencananya, akan dirapatkan dulu secara internal," jelasnya.

Mengenai anggaran yang akan dipakai dalam membangun ulang gedung MPP Kota Pekanbaru, Indra Pomi mengatakan bahwa rencananya akan menggunakan dana Biaya Tak Terduga (BTT).

"Masih belum bisa dipastikan untuk dananya, tapi mungkin (memakai) BTT," jelasnya.

"Cuma polanya seperti apa, apakah kita nanti didesain dulu landscape nya, ini akan kita kaji yang baik. Kemudian ke depan pasti dibangun," ujar Indra Pomi.

Saat diminta keterangan mengenai waktu gedung MPP akan mulai dibangun ulang, Indra Pomi mengatakan pihaknya masih akan melihat terlebih dahulu seperti apa kemampuan keuangan.

"Yang jelas, kita pakai dulu dana BTT ini untuk memulihkan pelayanan dulu ya. Untuk kerugian masih dihitung," sebutnya.

Terkait dengan Tenaga Harian Lepas pasca musibah kebakaran tersebut, Indra Pomi menyampaikan akan merelokasi tempat mereka bekerja.

"Tetap bekerja, tidak mungkin kita berhentikan. Nantinya akan diberdayakan di gedung lainnya yang tidak kebakaran," jawab Indra Pomi.

Mengenai penyebab terjadinya kebakaran tersebut, mantan Kadis PUPR Kota Pekanbaru tersebut mempercayakan kepada pihak yang berwenang untuk mengusut dan menyelidikinya.

"Kita menunggu hasil dari tim forensik dan beberapa pihak yang berwenang. Untuk saat ini kita tidak mengasumsikan apa atau bagaimana terjadinya, jadi biar tim forensik yang bekerja," jelas Indra Pomi.

Diberitakan sebelumnya, sehari pasca kebakaran, kondisi gedung MPP Kota Pekanbaru khususnya di gedung B, habis terbakar hingga tersisa puing-puing bangunan.

Hanya sedikit bagian yang tidak terjamah oleh si jago merah, selebihnya ludes tak bersisa.

Pantauan Riautribune di lokasi, saat ini pihak Satpol PP Pekanbaru dan kepolisian disiagakan untuk berjaga di lokasi dengan jumlah personil yang cukup banyak guna menjaga keamanan areal gedung yang terkena musibah.

"Kami disiagakan untuk berjaga disini," ujar salah satu personil Satpol PP yang ditemui saat berjaga di lokasi.

Ia mengatakan pihaknya memastikan tak ada yang masuk ke lokasi kebakaran, karena memang akan dilakukan pengecekan oleh tim Labfor Polda Riau.

"Harus steril di sini," ungkapnya.

Gedung MPP Kota Pekanbaru yang terbakar tersebut tetap mendapat penjagaan dari personil yang bersiaga di areal tersebut.***