6 Helikopter Disiagakan Untuk Evakuasi Kapolda Jambi di Hutan Kerinci Pagi Ini

Selasa, 21 Februari 2023

Kapolda Jambi dan sejumlah penumpang helikopter masih terbaring di hutan

JAMBI, Riautribune.com - Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan dilanjutkan pagi ini, Selasa (21/2/2023). Sebanyak 6 unit helikopter disiapkan untuk menyelamatkan rombongan di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi. 

"Memasuki hari ketiga proses evakuasi kru helikopter Polairud Polda Jambi yang mendarat darurat di Bukit Tamiai Kabupaten Kerinci, kita fokuskan 6 unit helikopter untuk melakukan evakuasi seluruh crew tersebut," ungkapnya, Selasa (21/2/2023). 

Seluruh instansi yang terlibat evakuasi telah melakukan rapat persiapan proses evakuasi yang akan dilakukan hari ini. Sementara heli yang akan digerakkan menuju lokasi sebanyak 4 unit 

"Di antaranya AW 189, Bell 429, Super Puma, dan Dauphin milik Basarnas menuju ke posko terdekat, kemudian akan dilanjutkan menggunakan 2 helikopter milik PT Sinarmas dan BNPB menuju Rumah Sakit Bhayangkara Jambi,” tandas Kornelis. 

Dirinya juga mengajak masyarakat Jambi mendoakan agar proses evakuasi berjalan lancar. “Kita doakan semoga cuaca hari ini bersahabat dan seluruh kr yang masih berada di lokasi, dapat segera kita evakuasi,” tuturnya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, sudah mempersiapkan kedatangan evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan. "Saat ini, sudah kita siapkan 6 helikopter dan 6 ambulans,” tuturnya. 

Untuk helikopter, sambungnya, sudah standby di Merangin dan untuk ambulans sudah ada yang di Merangin dan di Jambi. 

Dalam video yang beredar, Senin (20/2/2023), tergambar kondisi terkini Irjen Rusdi dan rombongan dalam video berdurasi 1 menit 15 detik. Jenderal bintang dua itu terlihat terbaring bersama dua pejabat utama Polda Jambi. 

Dua pejabat utama Polda Jambi yang ikut dalam rombongan adalah Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolair), serta Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum). Dalam rombongan terdapat juga Korpspripim Polda Jambi dan ADC Kapolda Jambi. 

Hampir sekujur tubuh Irjen Rusdi nampak ditutupi selimut merah. Rusdi dan korban lainnya tidur di antara pepohonan Hutan Kerinci. 

Perekam dana video menyebut Irjen Rusdi mengalami cedera. "Di sana Pak Dirkrimum, Dirpolair dan pilot, kondisi kaki cedera. Bapak Kapolda kondisi tangan kanan cedera," jelas perekam video.***