Polemik Pengelolaan Pasar Bawah, APPSI Minta Pedagang Tetap Berjualan Seperti Biasa

Sabtu, 18 Februari 2023

Ilustrasi/net

PEKANBARU, Riautribune.com - Pengurus Asosiasi Pengelola Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Pekanbaru meminta pedagang yang berjualan di Pasar Bawah, agar berjualan seperti biasa, apalagi menjelang bulan puasa atau ramadhan yang tidak lama lagi. Pedagang diminta untuk berbelanja lalu menjualnya kepada masyarakat agar omset meningkat. 

Hal itu dikatakan langsung Ketua APPSI Kota Pekanbaru, Ida Yulita Susanti didampingi Sekretaris APPSI Kota Pekanbaru, Irman Sastrianto, serta Komisariat APPSI Pasar Bawah Pekanbaru, M Zein, Sabtu (18/02/2023) saat konferensi pers. 

Dikatakan, pedagang yang tergabung dalam APPSI maupun tidak agar tidak terpengaruh dengan adanya permasalahan dalam pengelolaan Pasar Bawah. Sebab, APPSI akan memperjuangkan kepentingan pedagang ke Pemko Pekanbaru. 

"Maka silakan belanja untuk dijual pada bulan puasa, agar tetap semangat untuk menghadapi bulan puasa, agar omset naik. Jangan ragu, kami dari APPSI akan berada di garda terdepan untuk memperjuangkan hak pedagang," jelasnya. 

Dikatakan, pihaknya akan mendesak jajaran Pemko Pekanbaru untuk membukat kebijakan dalam pengelolaan Pasar Bawah agar menguntungkan Pemko Pekanbaru maupun pedangang. 

"Jangan dibiarkan terlalu lama, karena kalau tigak segera menetapkan kebijakan maka akan semakin banyak kerugian baik kerugian bagi Pemko Pekanbaru maupun bagi pedagang. Itu yang kami tidak mau," urainya. 

Diakui, sejumlah poin dan dasar hukum serta regulasi terkait dengan pengelolaan Pasar Bawah akan disampaikan kepada Pj Walikota Pekanbaru, agar menjadi dasar bagi Pj Walkota Pekanbaru dalam membuat kebijakan termasuk dalam sistem pengelolaannya. 

"Salah satu point yang akan kami sampaikan kepada Pj walikota Pekanbaru agar mengevaluasi proses tender yang telah dilaksanakan lalu meminta PJ walikota membuat keputusan agar pengelolaan Pasar Bawah menguntungkan bagi Pemko Pekanbaru dan pedagang," urainya. ***