Luca Modric Pengubah Wajah Timnas Kroasia

Senin, 13 Juni 2016

Luca Modric.(internet)

TIMNAS Kroasia sangat butuh tenaga dan pengalaman seorang Luka Modric dalam puncak performa. Jika Modric bermain pada performa terbaiknya, Kroasia bisa tampil beda di atas lapangan.Dan itu telah dibuktikan pada pertandingan perdananya, menyumbangkan satu-satunya gol ke gawang Turki.

Modric memegang peranan besar dalam kemenangan yang didapat Kroasia atas Turki pada laga pertamanya di Piala Eropa 2016, Minggu (12/6/2016). Gelandang milik Real Madrid itu mencetak gol di Parc des Princes yang mengantarkan negaranya menang 1-0.

Gol Modric tersebut tercipta pada menit ke-41. Modric menyambar bola liar di luar kotak penalti dengan tembakan keras yang tak bisa dihentikan kiper Volkan Babacan. Di luar golnya yang menjadi penentu kemenangan Kroasia, Modric tampil impresif di sepanjang laga. Kombinasinya dengan Milan Badelj sebagai poros ganda di lini tengah berjalan baik.

Situs statistik whoscored mencatat Modric menyentuh bola sebanyak 77 kali di sepanjang laga. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pemain yang paling banyak menyentuh bola pada laga Kroasia vs Turki. Modric juga tercatat melepaskan 59 operan dengan tingkat akurasi 88,1%. Lagi-lagi jumlah operan Modric adalah yang paling banyak di antara semua pemain Kroasia dan Turki.

Selain itu, Modric juga tampil oke ketika bertahan. Pesepakbola berusia 30 tahun itu membuat lima intersep, paling banyak di antara semua pemain Kroasia. Dengan penampilan Modric yang sedemikian impresif, tak heran kalau kemudian pelatih Kroasia Ante Cacic memujinya setinggi langit. Cacic bahkan menganggap Modric bisa mengubah wajah timnya. "Luka pantas untuk dibicarakan. Ini adalah salah satu permainan terbaiknya. Dia benar-benar bermain bagus. Dia adalah pemimpin kami," ujar Cacic.

"Dia mencetak gol ajaib itu dan gol itu menjadi satu-satunya gol pada pertandingan. Kami membutuhkan Modric dalam performa ini karena ketika dia bermain seperti ini tim secara keseluruhan terlihat berbeda. Tim terlihat lebih baik dan lebih agresif," katanya.

"Gol saya? Bolanya datang ke saya dan saya menembaknya dengan sebuah voli! Saya menendang bola dengan sempurna dan, terima kasih Tuhan, saya mencetak gol," ujar Modric.

Sejak melakoni debut di timnas pada tahun 2006, Modric telah mengoleksi 91 caps dan menyumbangkan 11 gol untuk Kroasia.(dtc/rt)