Victor Parulian Salurkan Aspirasi Warga Lewat Pelatihan Keterampilan Menjahit

Jumat, 10 Februari 2023

Foto bersama Victor Parulian selaku Anggota DPRD Kota Pekanbaru bersama peserta pelatihan keterampilan menjahit

PEKANBARU, Riautribune.com - Bersama pemerintah Kota dan Dinas Koperasi Pekanbaru, Victor Parulian selaku anggota DPRD Kota Pekanbaru dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan, menggagas pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh.

Pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh tersebut merupakan sebagai bentuk penyaluran aspirasi yang dituangkan ke dalam bentuk Pokir (Pokok Pikiran) warga yang digelar sejak Senin, 6 Februari 2023 lalu.

Victor Parulian menjelaskan bahwa pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh tersebut dilaksanakan untuk membantu warga dengan bekal keahlian.

Baca Juga : Sampah di Pekanbaru Akan Diolah Maksimal, Pemulung Bakal Dapat Pekerjaan, Anaknya Dikasih Beasiswa

"Sejak Senin 6 Februari (2023) lalu, bersama Dinas Koperasi Kota Pekanbaru dan didukung oleh pemerintah Kota Pekanbaru, kita menggelar pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh terutama bagi ibu rumah tangga dan warga," jelas Victor Parulian kepada Riautribune pada Jumat, 10 Februari 2023.

"Ini memang baru pertama sekali, tetapi sebagai bentuk aspirasi warga, tentunya kita bantu untuk dilaksanakan, karena bentuk pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM seperti ini sangat berguna dalam membekali warga agar memiliki modal dasar untuk usaha," lanjut Victor Parulian.

Ia juga memaparkan bahwa pelatihan tersebut tentunya diharapkan ke depannya mampu membekali warga dengan keterampilan yang dapat membantu warga yang telah ikut sebagai peserta.

Baca Juga : Kadis ESDM Riau Harapkan Keberhasilan dari Eksplorasi PHR

"Tentunya ke depannya kita berharap peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini bisa mengembangkan keterampilannya dan menjadi modal membuka usaha kecil dan bagian dari UMKM nantinya," harap Victor Parulian.

Untuk bentuk kerja nyata dan hasil dari pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh tersebut, Victor Parulian menjelaskan bahwa sudah ada hasil yang membanggakan.

"Meskipun baru beberapa hari mengikuti pelatihan, tetapi sudah ada hasil yang membanggakan dari setiap peserta," kata Victor Parulian.

Baca Juga : Buru Cadangan Migas, PHR Tajak Perdana Sumur Eksplorasi di Riau

"Peserta sudah bisa menjahit baju meskipun untuk diri peserta sendiri, tetapi kita yakin ke depannya tentu bisa menjahit baju untuk yang lain," lanjutnya berharap.

Tentunya dengan berbekal keterampilan tersebut, diharapkan nantinya peserta dapat memulai usaha kecil yang dapat membantu perekonomian keluarga.

"Kalau sudah bisa menjahit seperti ini, tentunya ke depannya kita harapkan bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan membuka usaha dalam kategori UMKM yang bisa membantu perekonomian, terutama untuk keluarga," ucap Victor Parulian.

Baca Juga : Januari 2023, Inflasi Turun Diangka 5,28 Persen

Mengenai anggaran dan pendanaan pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh tersebut, Victor juga memaparkan asal dananya.

"Semua ini dukungan dari pemerintah Kota Pekanbaru dan Dinas Koperasi Kota Pekanbaru. Dananya dari APBD, sebagai bentuk kerja nyata," papar Victor Parulian.

"Memang untuk tahap pertama ini, pesertanya terbatas dulu, tapi ke depannya akan kita upayakan untuk dilaksanakan rutin," lanjutnya.

Baca Juga : Perkuat Sinergi dengan Pemprov, SKK Migas Sumbagut-KKKS Temui Gubernur Riau

Tak lupa ia menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan pemerintah Kota Pekanbaru dan Dinas Koperasi Pekanbaru dalam mendukung giat yang digagasnya tersebut.

"Kepada pemerintah Kota (Pekanbaru) dan Dinas Koperasi Pekanbaru, tak lupa saya mengucapkan terimakasih untuk dukungan kegiatan pelatihan keterampilan menjahit bagi pelaku UMKM dan warga Kecamatan Limapuluh ini," tutup Victor Parulian.***