Neuer Siap Mengemban Ban Kapten Lawan Ukraina

Sabtu, 11 Juni 2016

Penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer.(internet)

PENJAGA gawang Jerman, Manuel Neuer, siap mengemban posisi kapten dalam laga pembuka Grup C Euro 2016 melawan Ukraina pada Minggu, 12 Juni 2016. Kapten timnas Jerman sebelumnya, Bastian Schweinsteiger, 31 tahun), bermain selama 23 menit dalam laga pemanasan pekan lalu melawan Hongaria dengan skor kemenangan 2-0. Namun dia diragukan memimpin kembali timnya pada laga pembuka Grup C.

Gelandang Jerman tersebut mengalami cedera lutut saat membela negaranya pada pertandingan Maret lalu.

Pemain Manchester United itu juga tidak pernah bermain selama 90 menit penuh sejak Januari lalu. Jika ia gagal bermain di Lille nanti, ban kapten akan disematkan kepada satu dari dua kandidat, yakni Neuer atau Sami Khedira.

Kepala pelatih Joachim Loew masih belum memutuskan siapa yang akan ditunjuk sebagai kapten.

Namun Neuer punya pengalaman memimpin timnya dalam laga persahabatan dan kualifikasi. Kini ia ini siap mengemban posisi kapten dalam laga Euro.

“Intinya, sebagai penjaga gawang, saya harus mengemban tanggung jawab, dan saya melihat peran saya dalam membimbing pemain muda,” ujar Neuer, yang terpilih sebagai kiper terbaik dalam tiga tahun terakhir.

“Sebagai penjaga gawang, Anda diharapkan banyak bicara, saat di dalam maupun luar lapangan.”

Setelah menjajal Ukraina, Jerman akan menghadapi Polandia pada 16 Juni, lalu Republik Irlandia pada 21 Juni 2016.(tempo/rt)