Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Gelar Gerakan Pangan Murah

Kamis, 02 Februari 2023

Kegiatan Gerakan Pangan Murah, di Kantor Pemerintah Kota Pekanbaru Ex Dinas Ketahanan Pangan Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Kamis (2/2).

PEKANBARU, Riautribune.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah, di Kantor Pemerintah Kota Pekanbaru Ex Dinas Ketahanan Pangan Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Kamis (2/2). 

Gerakan Pangan Murah ini mendapat sambutan dari masyarakat, yang antusias antri mendapatkan kupon yang disediakan panitia, mulai pukul 08.00 WIB. Berbagai bahan pangan tersedia dengan harga yang lebih murah, dibanding harga pasaran. Seperti Gula Rose Brand Rp.13.000/Kg, Minyak Goreng Kita 2 Liter Rp. 27.000, Telur Ayam 8 Pcs Rp.13.000, Nugget King Ayam 500 GR Rp.20.000, Beras Premium Selais Rp. 110.000/10 Kg, Cabe Merah Rp.55.000/Kg dan Bawang Merah Rp.32.000/Kg. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru El Syabrina mengatakan, Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Dinas Ketahanan Pangan, tugas pokok dan fungsi itu ada tiga, yang pertama ketersedian pangan, kedua konsumsi pangan dan yang ketiga distribusi pangan, Gerakan Pangan Murah termasuk bagian dari distribusi pangan. 

"Melalui Gerakan Pangan Murah inilah kita memberikan akses pada masyarakat, agar bisa memperoleh harga pangan tertentu, terutama yang menyumbang inflasi tertinggi, seperti beras, bawang, cabe, dan telur. Harga murah karena kita potong mata rantai dari distributor seperti cabe dan bawang, kalau beras kita melalui Bulog, untuk gula dan mie instan kita langsung ke distributornya, jadi harga sedikit miring," katanya. El Syabrina menjelaskan, 

Gerakan Pangan Murah ini yang pertama di tahun 2023, nantinya setiap bulan akan dilaksanakan dua kali di Kecamatan atau Kelurahan tergantung permintaan nantinya. " Nantinya akan dilaksanakan setiap bulan dua kali kita Road Show di kecamatan atau kelurahan tergantung permintaan nantinya, untuk perdana ini kita laksanakan di Ex Kantor Dinas Ketahanan Pangan Jalan Cut Nyak Dien yang sekarang menjadi Outlet Pangan Puan Berseri singkatan dari Pemasaran Usaha Pangan Bersama Secara Lestari, sekalian mengenalkannya pada masyarakat," jelasnya. 

Terkait dengan kelanjutan Gerakan Pangan Murah ini, El Syabrina menambahkan, nantinya hingga akhir tahun akan ada 24  kegiatan dan yang kedua nanti akan dilaksakan di awal bulan depan. " Selama sebulan ada dua kali Gerakan Pangan Murah, itu berarti sampai akhir tahun akan ada 24 kegiatan dan yang kedua nantinya akan dilaksanakan di awal bulan depan tergantung koordinasi dengan kecamatan, kita menjalin kerjasama dengan Bulog, Distributor, Agen dan dibantu Badan Pangan Nasional," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Muflihun berharap, masyarakat terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, yang menyediakan berbagai macam bahan pangan segar, dan olahan dengan harga yang lebih murah.

 " Kita tentunya berharap masyarakat bisa terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, dan semoga masyarakat kita terinspirasi dengan membuat Kelompok Wanita Tani atau KWT, dari hasil kunjungan ke sejumlah KWT hasil tanaman layak dikonsumsi, dan kita berharap Dinas Ketahanan Pangan mempersiapkan wadah tempat pemasarannya sehingga masyarakat bisa berbelanja, " tutupnya. (Adr)