Bisa Hadirkan Ratusan Ribu Orang, Menteri Pariwisata Sangat Kagum Dengan Pacu Jalur

Senin, 30 Januari 2023

Festival KEN.

PEKANBARU - Menteri Pariwisata RI, Sandiaga Salahuddin Uno, sangat mengagumi budaya asal Kuantan Singingi, Pacu Jalur. Apalagi, Sandiaga sudah pernah melihat langsung pagelaran budaya tahunan tersebut. 

Kekaguman Sandiaga itu diceritakan oleh Anggota Komisi V DPRD Riau, Marwan Yohanis, saat membuka ajang Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023, di area terbuka Taman Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah ( TMII) Sabtu siang.  

Disampaikan Marwan, Sandiaga memiliki kesan yang sangat luar biasa terhadap pacu jalur, dan kekagumannya terhadap pacu jalur diungkapkan dalam pidato sambutannya. 

"Beliau amat bangga dengan pacu jalur, wisata budaya yang mampu menghadirkan puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang setiap harinya. Pacu jalur adalah iven kebanggaan Riau yang harus terus dipromosikan," ujar politisi Partai Gerindra ini, Senin (30/1/2023). 

Tak hanya itu, Sandiaga juga sempat meneriakan 'Salam Kayuah' yang sangat identik dengan pacu jalur. Sandiaga juga menyempatkan diri mengunjungi stand Kabupaten Kuantan Singingi, dan mengabadikannya dalam bentuk konten 'TikTok'. 

Lebih jauh, Kementerian Pariwisata RI, sambung Marwan, berencana akan menggelar roadshow wisata, dan Kabupaten Kuantan Singingi menjadi salah satu daerah yang akan menjadi titiknya. 

"Kita tentu bersyukur dengan antusias Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terhadap potensi wisata Kuansing, yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menyambut kunjungan wisatawan," tutupnya. 

Sebagai informasi, Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing, Riau masuk nominasi Karisma Event Nasional (KEN) 2023. Festival Pacu Jalur juga mendapat kesempatan pertama melakukan ekspose saat launching KEN 2023 yang akan digelar 28 Januari 2023 mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. ***