Dijuluki 'Relawan 1000 Km' oleh Marwan Yohanis, Yendri Dapat Penghargaan dari Prabowo

Kamis, 26 Januari 2023

Yendri Elpius (paling kiri dari Prabowo) usai menerima medali dari Prabowo Subianto.

PEKANBARU - Dua Kader Gerindra di Provinsi Riau mendapat penghargaan langsung dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Keduanya diberi penghargaan karena dinilai memberi kontribusi yang luar biasa untuk Partai Gerindra. Dua kader tersebut adalah Yendri Elpius dan Marwan Yohanis.

Marwan Yohanis yang merupakan Anggota DPRD Riau dari Fraksi Gerindra ini mengatakan, dirinya diundang oleh partai untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pengurus Pusat  (BPP) Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) di Jakarta, 21-23 Januari silam.

"Saya murni diundang sebagai peserta, dan saya diminta mencari relawan partai yang selama ini membantu berbagai kegiatan sosial Partai Gerindra. Jadi saya bawa dua, salah satunya Yendri. Alhamdulillah dia dapat penghargaan," kata Marwan, Rabu (25/1/2023).

Meski sama-sama berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, Marwan awalnya tak begitu kenal dengan Yendri. Namun, ketika berkenalan dengan Yendri, dia langsung memberi julukan 'Relawan 1000 Km' kepada Yendri.

Diceritakan Marwan, alasan dia mengajukan Yendri adalah karena melihat sumbangsih Yendri kepada partai. Marwan pernah melihat Yendri bekerja untuk partai tanpa pamrih, dan itu masih berlanjut sampai sekarang.

"Saya jumpa dia ini, waktu saya masih Ketua DPD Gerindra Riau, saya lihat ada orang pasang spanduk Caleg Partai Gerindra, tapi dia bawa banyak spanduk, termasuk baliho saya. Pengakuan dia, selagi itu kader Gerindra, dia siap pasang. Artinya, dia tak lihat sosok, tapi dia lihat partai. Dan banyak lagi yang sudah dia berikan untuk partai," ujar Marwan.

Atas dasar sumbangsih inilah, Yendri dipasangkan medali oleh Prabowo bersama dengan 4 orang lainnya. Penghargaan ini sendiri diberikan hanya untuk 5 orang relawan partai terbaik di Indonesia.

"Pak Prabowo adalah orang yang sangat menghargai orang-orang loyal seperti itu. Anak buahnya yang dulu bersama dia saat aktif di TNI, semua sangat dihargai sama dia," katanya.

Itulah, lanjut Marwan, yang menjadi kelebihan dari Prabowo Subianto. Dimana, kontribusi orang yang sudah berjasa akan dihargainya. Bahkan, orang yang sudah meninggal pun tetap dihargai.

"Orang-orang yang berjasa untuk dia akan dia sebut terus, sekalipun sudah almarhum. Caranya, akan disediakan kursi kosong dan diatas kursi itu diletakkan baju serta topi, nanti namanya akan dibaca dari panggung. Itu menandakan bahwa semangat almarhum hadir walaupun fisik tak ada," tambahnya. 

Marwan sendiri juga mendapat penghargaan dari Prabowo Subianto, karena secara personal dianggap memberi kontribusi besar dalam bidang kesehatan masyarakat. Ketua Kesira Riau yang juga Wasekjend BPP Kesira ini menerima penghargaan ini bersama dengan 4 orang pengurus Kesira lainnya di Indonesia.

"Jadi dalam Rakernas itu dimunculkan beberapa cuplikan video kerja sosial kader Kesira, termasuk video dari Kesira Riau," tuturnya.***