Penembakan Massal di Malam Imlek, 10 Tewas dan Belasan Terluka

Senin, 23 Januari 2023

Sheriff County Los Angeles Robert Luna berbicara pada konferensi pers setelah penembakan yang terjadi selama perayaan Tahun Baru Imlek, di Monterey Park, California, AS 22 Januari 2023. REUTERS - Alan Devall

LOS ANGELS, Riautribune.com -  Festival Imlek di Garvey Avenue di Monterey Park, Los Angeles, Amerika Serikat (AS) yang semula berlangsung ceria mendadak berubah menjadi tragedi yang menakutkan. Sedikitnya 10 orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam penembakan massal setelah perayaan Tahun Baru Imlek pada Sabtu malam.

Polisi mengonfirmasi bahwa tersangka pelaku penembakan massal saat perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di sebuah kelab malam di Los Angeles Amerika Srikat (AS) bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri.

Rekaman udara menunjukkan van di tempat parkir berada di antara tiga kendaraan lapis baja, yang disebut BearCats. Sepuluh petugas bersenjata berat mendekatinya dan memecahkan jendela samping penumpang untuk masuk.

Melansir BBC, Senin (23/1/20223) polisi memastikan pria bersenjata itu sudah meninggal ketika mereka masuk ke dalam mobil. Polisi mengatakan dia menembak dan bunuh diri di dalam mobil van putih itu.

Akibat insiden ini dan untuk menghormati korban, polisi mengatakan festival Imlek di Monterey Park pada Minggu dibatalkan.

Jurnalis dan videografer Sean Backner-Carmitchel yang melaporkan dari Monterey Park menyampaikan kepada Al Jazeera, detain insiden masih belum jelas. "Kami sedang menunggu nama-nama (korban) dan motif tersangka," jelasnya.

Monterey Park merupakan kota dengan sekitar 60.000 populasi Asia, berada sekitar 16 kilometer dari pusat kota Los Angeles.

Seung Won Choi, pemilik restoran Clam House di seberang jalan dari dekat TKP mengatakan kepada Los Angeles Times, tiga orang berlari ke restorannya dan memintanya mengunci pintu. Mereka juga mengatakan kepada Choi ada penembak dengan senapan mesin dan membawa sejumlah amunisi.

Choi mengatakan dia yakin penembakan terjadi di sebuah klub bernama Star Ballroom Dance Studio.***