MUI Tuding Ada Permainan di Balik Kenaikan Biaya Haji Yang Tinggi

Ahad, 22 Januari 2023

Ilustrasi/net

JAKARTA, Riautribune.com- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempertanyakan wacana kenaikan biaya haji yang diusulkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Waketum MUI Anwar Abbas mengetahui kenaikan dipicu oleh naiknya biaya akomodasi. Tapi, yang menjadi pertanyaannya, mengapa kenaikannya setinggi itu?

"Kenaikan yang paling mencolok dari biaya haji tahun 2023 ini adalah menyangkut biaya akomodasi di Mekkah dan di Madinah. Yang membuat kita bertanya-tanya mengapa tingkat kenaikannya setinggi itu," ujarnya dikutip dari detikcom, Minggu (22/1/2023).

Anwar Abbas menuding ada permainan yang justru dilakukan oleh pengusaha di Arab Saudi. Dia menyebut ada upaya pengusaha di negara tersebut untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.

"Ada kesan para pengusaha Saudi benar-benar berperan sebagai price setter di mana masalah harga, merekalah yang menentukan dengan memanfaatkan situasi yang ada untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya," ucapnya.

Anwar Abbas berharap biaya akomodasi di Mekkah dan Madinah bisa ditinjau ulang kembali. Dia juga mendorong agar Pemerintah Arab Saudi turun tangan memberi penjelasan terkait kenaikan harga tersebut.

"Untuk itu kita meminta agar harga biaya akomodasi di Mekkah dan di Madinah ditinjau ulang agar harga yang terbentuk benar-benar merupakan harga yang wajar. Untuk itu kita harapkan agar Pemerintah Saudi turun tangan untuk menstabilkan harga agar para jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji tidak terbebani dengan biaya yang besar," ujar dia.***