Mengenal Sosok Pria Terkuat di Indonesia, Makannya Bisa 6 Kali Sehari

Ahad, 15 Januari 2023

Aji Soeganda/net

JAKARTA, Riautribune.com - Aji Soeganda menjadi atlet strongman pertama di Indonesia. Bukan sekadar isapan jempol belaka, predikatnya sebagai manusia terkuat di Indonesia mendapat pengakuan resmi.

Strongman sendiri termasuk salah satu jenis olahraga orang-orang terkuat di dunia. Olahraga ini menitikberatkan pada penggunaan kekuatan otot untuk mengangkat beban berat.

Dalam kompetisi strongman, orang terkuat akan berlomba mengangkat benda paling berat. Benda-benda yang digunakan sebagai properti memiliki berat di luar nalar, baik itu menarik ban atau menarik kendaraan berat.

Pria dengan berat badan 153 kg ini mengawali karier sebagai atlet strongman sejak 2017. Memilih berkecimpung dalam olahraga berat tentu harus menerima segala risiko. Demikian pula Aji Soeganda, ia bahkan pernah mengalami kecelakaan fatal ketika mengikuti kompetisi strongman se-Asia Tenggara.

Kala itu, Aji Soeganda tak mampu mengangkat ban crane dengan berat 500 kg sehingga otot bisep lengan kanannya putus. Alhasil, ia harus menjalani operasi yang mengakibatkan lengannya alami kecacatan.

Bukannya kapok, Aji Soeganda semakin mencintai bidang yang ditekuninya. Terbaru, Aji Soeganda pernah melakukan latihan untuk menguatkan otot menggunakan dumbell press.

Umumnya seorang atlet berlatih menggunakan dumbell dengan ukuran yang normal. Namun, Aji Soeganda justru memodifikasi dumbell berukuran 50 kg dengan selotip hitam dan ukurannya menjadi 66 kilogram. Ukuran itu baginya menjadikan dumbbell tersebut sebagai dumbbell terberat di Indonesia.

Aji Soeganda pun menunjukkan aksinya mengangkat dua buah dumbell berat tersebut secara bersamaan sebanyak 20 kali. Sebelum mengangkat dumbbell terberat itu, Aji melakukan latihan dengan mengangkat dumbbell seberat 25 kg dan 47,5 kg.

Sebagai seorang strongman berbadan besar, Aji Soeganda tidak sungkan membeberkan asupan makanan apa yang ia konsumsi sehari-hari. Pria tambun nan kuat itu mengakui bahwa asupan makanannya cukup banyak.

Sebelum sarapan pagi saja, ia sudah mengkonsumsi whey protein. Diketahui, kandungan protein dalam whey memang bagus untuk pertumbuhan otot.

Pria yang diketahui memiliki istri bernama Rurry Wijayanti itu juga mengatakan tidak mengkonsumsi nasi merah seperti kebanyakan olahragawan atau binaragawan. 

Total, Aji Soeganda makan sebanyak 5 sampai 6 kali dalam sehari. Ia mengaku selalu sarapan sereal dan susu satu liter sebelum berangkat bekerja.

Demikian kisah Aji Soeganda, si manusia strongman yang sanggup angkat beban terberat di Indonesia.***