Piala AFF 2022: Indonesia Ungguli Kamboja di Babak Pertama

Jumat, 23 Desember 2022

Jakarta - Indonesia menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 atas Kamboja dalam partai perdana Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda mampu memimpin dua kali, namun kebobolan satu gol lewat situasi bola mati.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/12), peluang pertama Indonesia hadir di menit ke-5. Egy Maulana Vikri berhasil menyambut crossing Pratama Arhan di menit ke-5, namun sundulannya melambung di atas gawang.

Gol! Indonesia akhirnya membuka keunggulan di menit ke-7. Kali ini umpan silang Arhan kepada Egy yang berada di kotak penalti berhasil disambut dengan satu tembakan yang sukses menaklukkan kiper Kamboja, Keo Soksela.

Tertinggal satu gol, Kamboja mencoba membalas. Ada In Sodavid yang berhasil mendapatkan peluang di menit ke-9, namun sundulannya melenceng tipis di sisi kanan gawang Indonesia.

Witan Sulaeman nyaris menambah keunggulan di menit ke-14, tetapi tembakannya membentur mistar gawang. Menit ke-15, justru Kamboja yang berhasil menyamakan kedudukan.

Lewat situasi sepak pojok, umpan lambung dari Seut Baraing berhasil disundul oleh Saret Krya di kotak penalti. Bola sempat membentur tiang lebih dulu sebelum bergerak masuk ke dalam gawang Nadeo Arga Winata. Skor menjadi 1-1.

Usai kebobolan, Indonesia bermain lebih menekan. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan mendatar jarak dekat di menit ke-17, tetapi bola melebar di sisi kiri gawang Kamboja. Menit ke-28, tendangan bebas langsung dari Marc Klok melenceng di sisi yang sama.

Gol! Indonesia akhirnya kembali unggul di menit ke-35. Umpan terobosan jitu dari Kambuaya berhasil disambut Marselino Ferdinan. Ia terus menggiring bola hingga akhirnya diumpan ke depan gawang Kamboja.

Di sana, Witan yang lolos dari jebakan offside dengan tenang menuntaskan peluang tersebut dengan tembakan keras yang tak mampu dibendung Soksela. Skor menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Witan mencoba kembali peruntungannya di menit ke-38. Ia mengecoh dua pemain Kamboja di kotak penalti, namun terburu-buru dalam mengambil keputusan dan tembakannya mudah saja ditangkap oleh Soksela. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Susunan pemain

Indonesia: Nadeo Arga Winata, Jodri Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

Kamboja: Keo Soksela, Choun Chanchav, Tes Sambath, Soeuy Visal, Seut Baraing, Saret Krya, In Sodavid, Orn Chanpolin, Lim Pisoth, Sieng Chanthea, Reung Bunheing.