Jubah Arab Lionel Messi Ditawar Sultan Oman Seharga Rp15,5 Miliar

Kamis, 22 Desember 2022

Lionel Messi menerima jubah Bisht dari Emir Qatar (Foto: REUTERS)

JAKARTA, Riautribune.com - Jubah Arab Lionel Messi ditawar Sultan Oman seharga Rp15,5 miliar. Jubah bernama Bisht tersebut diberikan kepada sang megabintang usai mengantar Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Argentina sukses membawa pulang trofi Piala Dunia 2022 berkat kemengan 4-2 atas Prancis lewat adu penalti. Laga yang selesai dimainkan di Stadion Lusail pada Senin 19 Desember 2022 dini hari WIB tersebut harus dilanjutkan ke sesi tos-tosan setelah berakhir imbang 3-3 dalam 120 menit.

Lionel Messi mencetak dwigol dalam laga itu selagi satu gol Argentina lainnya dilesakkan Angel Di Maria. Di sisi lain, Prancis membalas lewat hattrick Kylian Mbappe setelah tiga kali tertinggal, yang sayangnya tidak begitu berguna karena mereka tetap kalah adu penalti.

Kemenangan itu membuat La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- meraih trofi Jules Rimet ketiga dalam turnamen itu. Selepas pertandingan, Messi selaku kapten diberikan sebuah jubah bernama Bihst oleh Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Kini, muncul seorang Sultan dari Oman, Ahmed Al-Barwani, telah menawar jubah yang dikenakan Messi tersebut. Dia bahkan siap mengeluarkan 1 juta dolar AS atau setara Rp15,5 miliar.

“Temanku, Messi. Atas nama Kesultanan Oman, saya ingin memberikan selamat atas gelar juara Piala Dunia 2022,” kata Al-Barwani di akun Twitter miliknya, Kamis (22/12/2022) seperti dilansir okezone.

“Saya takjub dengan Emir Tamim ketika memakaikanmu Bisht khas Arab, simbol kemurahan hati dan kebijaksanaan. Saya siap membayar 1 juta dolar AS untuk mendapatkan Bisht tersebut,” ujarnya.

Sheikh Tamim sendiri puas karena Qatar berhasil menepati janji ke negara-negara Arab sebelum Piala Dunia 2022 digulirkan. Adapun janji tersebut adalah memperkenalkan budaya dan nilai-nilai yang dianut negara-negara Timur Tengah kepada dunia.***