Jelang Laga Argentina vs Kroasia: Rapor Seram Martinez vs Livakovic

Selasa, 13 Desember 2022

Jakarta - Rapor fantastis duo penjaga gawang, Emiliano Martinez dan Dominik Livakovic, menjadi warna tersendiri jelang duel Argentina vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022.
Martinez dan Livakovic tampil gemilang di fase perempat final. Keduanya pun jadi pahlawan kemenangan timnya masing-masing di babak adu penalti.

Martinez dan Livakovic juga melakukan sejumlah penyelamatan krusial dan sukses mengantarkan timnya lolos ke semi final Piala Dunia 2022.

Sepanjang Piala Dunia 2022, Martinez selalu tampil di bawah mistar La Albiceleste dengan total 481 menit.

Dikutip dari Sofascore, penampilan terbaik Martinez terjadi di laga matchday kedua melawan Meksiko, dengan rating 7,2.

Dengan total kebobolan lima gol, Martinez rata-rata memungut bola dari gawangnya sebanyak satu gol per pertandingan.

Seluruh gol yang bersarang di gawang Martinez berasal dari sepakan dari dalam area kotak penalti. Kemudian, catatan jumlah penyelamatan Martinez per pertandingan ialah 0,4 atau 29 persen.

Martinez juga tercatat melakukan rerata 64 operan akurat per pertandingan di Piala Dunia 2022. Selain itu, ia juga sudah dua kali clean sheets. Itu terjadi saat Argentina berhadapan dengan Meksiko dan Polandia.

Sama seperti Martinez, Livakovic juga selalu bermain di lima pertandingan yang telah dijalani Kroasia. Total, Livakovic sudah tampil selama 512 menit.

Sofascore memberikan Livakovic rating 7,68. Penampilan terbaik ditampilkan Livakovic di laga perempat final melawan Brasil, ia mendapatkan rating 9.

Sepanjang penampilannya di Piala Dunia 2022, Livakovic baru kebobolan sebanyak tiga gol. Seluruh gol yang bersarang di gawang Livakovic berasal dari sepakan di dalam kotak penalti.

Kemudian, Livakovic telah mencatat 20 penyelamatan selama Piala Dunia 2022, di mana 11 di antaranya berasal dari tembakan dalam kotak penalti dan sembilan dari sepakan di luar kotak penalti.

Rata-rata penyelamatan yang dilakukan Livakovic lebih baik dari Martinez, ialah 4 saves per pertandingan.

Sama seperti Martinez, Livakovic sudah dua kali clean sheets di Piala Dunia 2022. Itu terjadi saat melawan Maroko dan Belgia.

Kepiawaian Martinez dan Livakovic akan kembali diuji dalam duel Argentina vs Kroasia pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Rabu (14/12) dini hari WIB.*