Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Ini Pesan Kapolres Siak

Senin, 28 November 2022

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK MH berkeliling usai melakukan apel kesiapsiagaan bencana. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Upaya mengantisipasi bencana yang timbul akibat faktor alam, Polres Siak bersama pemerintah Kabupaten Siak menggelar apel kesiapsiagaan bencana, bertempat di halaman Mapolres Siak, Senin 28 November 2022 pagi.

Tampak dalam kegiatan itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak, Kaharuddin, SSos, MSi beserta jajaran.

Dalam kesempatan itu, AKBP Ronald Sumaja SIK mengatakan, apel kesiapsiagaan tersebut merupakan langkah antisipasi terjadinya bencana alam terutama banjir di musim hujan. Selain itu juga bertujuan untuk meninjau sejauh mana sarana dan prasarana serta kesiapsiagaan personel dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang mungkin terjadi.

"Pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana, kegiatan apel ini juga bukan hanya seremonial saja, namun sebagai manifestasi pelaksanaan oleh TNI-Polri dan pemerintah daerah jika terjadi bencana alam nantinya," kata Kapolres Siak, Senin 28 November 2022 pagi. 

Menurutnya, apel tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi bencana alam, dengan 

Pimpinan korps Bhayangkara Wilayah hukum Kabupaten Siak itu berharap, semua perencanaan yang telah disiapkan nantinya dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak, jika terjadi bencana alam.

“Bencana alam merupakan salah satu perhatian semua pihak, sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan semua unsur, dengan pengecekan kesiapsiagaan ini mudah-mudahan kita semua dapat mengantisipasinya,” ungkapnya.

AKBP Ronald pun berpesan kepada seluruh petugas agar menjaga kesehatan, fisik dan mental agar semua pihak dapat cepat tanggap dalam penanganan bencana.

“Kepada personel TNI - Polri dan petugas kebencanaan serta stake holder terkait, diharapkan agar dapat menyiapkan serta memelihara kondisi fisik dan mental apabila nanti dibutuhkan dalam penanganan bencana yang sifatnya urgent, supaya kita semua dapat cepat tanggap serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” sebutnya.

Diakhir amanat nya Kapolres menyampaikan beberapa hal penekanan dari Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Mohommad Iqbal, yang perlu dilaksanakan oleh seluruh instansi/stakeholder dalam rangka kesiapsiagaan penanganan bencana alam, diantaranya melaksanakan kegiatan-kegiatan preemtif dan preventif untuk pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana alam, melakukan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi dengan stake holder terkait untuk memetakan daerah rawan bencana alam.

"Kemudian menyiagakan personil dan perlengkapan penanganan bencana (SAR) pada masing-masing instansi yang dapat digerakkan sewaktu-waktu dibutuhkan, lebih memaksimalkan kegiatan pelatihan simulasi bersama dengan instansi terkait guna optimalisasi penanggulangan bencana alam di kota dumai dan mengoptimalkan peran masyarakat tanggap penanganan bencana alam," pungkasnya. (Rizal Iqbal)