Jokowi Punya Panggilan Spesial ke Joe Biden dan Xi Jinping

Kamis, 17 November 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Presiden Indonesia memiliki panggilan spesial untuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Jokowi membeberkan panggilan spesial itu kepada beberapa pemimpin media massa sebelum bertolak ke Bangkok, di Apurva Hotel, Kamis (17/11).

"Kalau saya kan panggil Biden 'My Senior', panggil Xi Jinping 'Kakak Besar', kalau [Presiden] Rusia [Vladimir Putin] 'My Brother,'" kata Jokowi.

Panggilan khusus dari Jokowi untuk Putin sempat terungkap saat ia menelpon orang nomor satu di Rusia.

Putin membeberkan sapaan itu saat menjadi pembicara di Valdai Discussion Club yang bertajuk "Dunia Pasca Hegemoni:Keadilan dan Keamanan untuk Semua" di Moskow pada 24-27 Oktober lalu.

"Ketika Presiden Jokowi menelepon saya dan beliau memanggil saya 'saudaraku,'saya juga memanggil beliau 'saudaraku'," kata Putin dalam acara itu.

Selain ketiga pemimpin negara itu, Jokowi juga memiliki panggilan spesial untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia memanggil Erdogan dengan sapaan "big brother."

Terlepas dari panggilan khusus tersebut, dalam pertemuan dengan pemimpin media massa, Jokowi juga menyampaikan di balik keberhasilan gelaran KTT G20.

Beberapa di antaranya, bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mengantisipasi hujan di area KTT, mencicipi makan untuk gala dinner, dan memilih Garuda Wisnu Kencana menjadi tempat makan malam G20.