Ingin Tahu Arti dan Perbedaan Antara Kolonialisme dan Imperialisme? Yuk Simak Penjelasan Berikut

Kamis, 10 November 2022

Ilustrasi perjuangan bangsa

Riautribune.com - Pemerintah Indonesia selalu menerapkan jiwa nasionalisme dalam segala aspek, bahkan tidak luput dalam bidang pendidikan bagi generasi muda bangsa, juga ditanamkan.

Dalam sisi pendidikan, generasi muda juga dijelaskan tentang sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Untuk sejarah perjuangan bangsa, ada dibahas beberapa hal, termasuk istilah kolonialisme dan Imperialisme.

Baca Juga : Kupas Sejarah Indonesia Wajib Untuk Jauh! Ini Makna yang Harus Dipahami dari Hari Pahlawan

Lalu apa yang menjadi arti dan perbedaan antar kolonialisme dan imperialisme?

Berikut penjelasan tentang arti dan perbedaan kolonialisme dan imperialisme yang dirangkum berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan dari berbagai sumber.

Kolonialisme adalah sebuah paham tentang penguasaan suatu negara oleh negara atau bangsa lainnya dengan tujuan memperluas kekuasaan negara tersebut.

Baca Juga : Hadiri COP27 Mesir, Dosen FIA Unilak Tegaskan Peran Penting Akademisi Dalam Aksi Iklim

Sedangkan imperialisme adalah sebuah sistem politik yang dilakukan dengan menjajah negara lain, bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan sebesar mungkin.

Dari pengertiannya, kolonialisme dan imperialisme memang terlihat mirip, tapi sebenarnya kedua istilah ini berbeda.

1. Awal Kemunculan

Dari segi kenunculannya, kolonialisme muncul pada abad ke-15, sedangkan imperialisme muncul sejak zaman romawi.

Baca Juga : Sidang Tesis Penelitian Effendi Sianipar Fokus Pada Ketahanan Pangan di Pekanbaru

2. Asal Bahasa

Untuk asal bahasa, ternyata kolonialisme berasal dari bahasa Latin, yakni colonus yang berarti petani, sedangkan imperialisme berasal dari bahasa Latin, yakni imperium yang berarti memerintah.

3. Target

Melihat dari target, kolonialisme melirik bidang perdagangan, sementara imperialisme bertujuan menguasai individu atau penduduknya.

4. Tujuan

Kolonialisme mengeksploitasi sumber daya negara, seperti alam dan manusianya, untuk kepentingan negara penakluk, sedangkan imperialisme menciptakan kerajaan atau sistem pemerintah dan memperluas daerah kekuasaannya.

Baca Juga : Perjalanan Inspiratif di Tanah Migas

5. Kedaulatan

Dalam kolonialisme, negara penakluk tetap menjalankan perintah dari negara induknya, meski sedang menaklukkan negara lain atau bahkan tinggal di sana.

Sedangkan imperialisme dilakukan dengan menjalankan kekuasaan atas wilayah yang berhasil dikuasai melalui kedaulatan tidak langsung.

Itulah beberapa informasi mengenai arti dan perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.***