Rentan Jadi Korban, Dosen Fikom UIR Beri Pemahaman Cyberbullying ke Remaja Masjid

Kamis, 03 November 2022

Foto bersama dosen dan remaja masjid.

PEKANBARU - Tim Pengabdian Masyarakat ( Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Islam Riau (UIR) melakukan kegiatan literasi bertema 'Cyberbullying Awareness' dengan sasaran program anggota Organisasi Ikatan Remaja Masjid Al Ittihad (IRMI) yang berada di Kelurahan Pebatuan, Kecamatan Tenayan Raya.

Tema tersebut dipilih karena saat ini hampir semua remaja di perkotaan yang tidak terhubung dengan aplikasi di internet, terutama media sosial, dimana cyberbullying atau perundungan digital kerap kali terjadi.

Sayangnya banyak dari para pengguna media sosial belum memahami apa itu cyberbullying, sehingga banyak dari mereka secara tidak sadar menjadi korban atau bahkan pelaku.

Remaja Mesjid dipilih sebagai sasaran program, karena dianggap dapat mewakili dan menyebarluaskan awareness mengenai cyberbullying secara efektif dan efisien kepada remaja lainnya.

Selain melakukan kegiatan literasi, tim juga memberikan bantuan berupa karpet luar ruangan agar keadaan mesjid lebih bersih dan nyaman.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota tim pengabdian: Happy Wulandari, M.Sc dan dua orang mahasiswi Fikom UIR, Mutia Dini dan Nazatul Shadilla.

Rangga, selaku perwakilan Pengurus IRMI Pebatuan, mengatakan sangat senang dan apresiasi dengan kehadiran tim PKM Fikom UIR, terutama dengan tema yang disampaikan.

Ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan agar remaja di Pebatuan mendapatkan informasi-informasi penting dan berguna, yang kadang tidak mereka dapatkan di sekolah.***