Jokowi: Semoga Ibadah Puasa Pertebal Keimanan dan Kesalehan Sosial

Senin, 06 Juni 2016

internet

JAKARTA - riautribune : Lewat akun twitternya, Presiden Joko Widodo menuliskan menyambut ramadan dengan harapan ibadah puasa membawa perubahan positif bagi umat muslim. Sementara Wapres Jusuf Kalla berharap ibadah puasa dapat dijalankan dengan khusyuk.

"Selamat datang #Ramadhan. Semoga ibadah puasa mempertebal keimanan dan kesalehan sosial kita -Jkw," tulis Jokowi dalam akun twitternya @jokowi seperti dikutip Senin (6/6/2016).

Sedangkan JK melalui twitter @Pak_JK berharap umat muslim diberi kekuatan menjalankan ibadah puasa.

"Utk seluruh kaum muslimin Selamat menjalankan Ibadah Puasa 1 Ramadhan 1437H. Semoga kita semua diberi kekuatan & kesabaran dlm menjalaninya," ujarnya.

Pemerintah melalui sidang isbat menetapkan 1 ramadan 1437 H jatuh pada hari ini. Penetapan ini dilakukan dalam sidang isbat yang digelar di kantor Kementerian Agama.

Keputusan ini diambil setelah ahli dari Planetarium Jakarta memaparkan posisi hilal. Menurut Menag Lukman Hakim Saifuddin, sidang isbat menerima laporan dari 93 petugas dari 93 titik di Tanah Air.

Dari daerah-daerah tersebut, sedikitnya ada enam wilayah yang menyatakan melihat hilal. Ada pun enam wilayah tersebut adalah: Kabupaten Belu NTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro. Posisinya berada di 2,3 derajat sampai 4,6 derajat di atas ufuk.(dtk/rt)