Puan-Airlangga Komentari NasDem Deklarasi Anies Capres: Monggo Saja

Sabtu, 08 Oktober 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengomentari deklarasi pencalonan presiden Anies Baswedan oleh Partai NasDem. Menurut Puan deklarasi itu sah-sah saja, karena merupakan proses demokrasi.
"Ini salah satu proses demokrasi, ya monggo-monggo saja," kata Puan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (8/10).

Puan mengatakan partainya sampai saat ini belum mau mengikuti langkah NasDem untuk mendeklarasikan calon presiden pada Pemilu 2024. Menurut dia, PDIP memiliki mekanisme internal terkait hal tersebut.

Lebih lanjut, Puan juga menyatakan bahwa PDIP juga memikirkan waktu yang tepat untuk mengumumkan capres jagoannya untuk bertarung pada Pemilu 2024.

"Kami PDIP proses demokrasi itu tentu saja setiap partai mempunyai timing atau momentum tersendiri untuk kemudian bisa mengumumkan atau memilih seseorang pada waktunya," kata Puan.

"Dan tentu saja bagaimna kemudian nantinya bisa maju atau masuk dalam kontestasi 2024," imbuhnya.

Menurut Puan untuk mengusung seorang capres butuh aturan dan kesiapan khusus. Hal ini yang tengah dilakukan PDIP jelang 2024.

"Ya perlu satu aturan kesiapan untuk mengusung seseorang atau calon untuk maju dalam kontestasi tersebut. Itu merupakan salah satu proses dinamika berdemokrasi," papar dia.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam kesempatan yang sama juga menghargai langkah yang diambil partai besutan Surya Paloh itu.

Namun demikian, Airlangga mengingatkan bahwa untuk mengusung seorang calon presiden butuh ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

"Bagian dari demokrasi ada persyaratannya, untuk mengusung itu kan harus masuk presidential threshold dan ini yang ditegaskan bahwa baik Golkar maupun PDIP, dua-duanya sudah memenuhi persyaratan itu," kata Airlangga.

Sebelumnya, NasDem resmi mendeklarasikan Anies sebagai capres di Pemilu 2024. Deklarasi diumumkan secara langsung oleh Surya di Kantor DPP NasDem, Senin (3/10).

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan InsyaAllah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat," kata Surya.