BI Sebut Sistem Pembayaran 5 Negara Asean Bakal Terhubung pada 2023

Rabu, 05 Oktober 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan sistem pembayaran lintas batas bakal hubungkan 5 negara di kawasan Asean pada 2023.

Dilansir Reuters, Rabu (5/10), kelima negara yang dimaksud adalah Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Indonesia.

Dalam Konferensi Internasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Perry mengungkapkan Indonesia sudah menghubungkan sistem pembayarannya dengan Thailand.

Selanjutnya, Indonesia akan menghubungkan sistem pembayarannya dengan Malaysia dan Singapura dalam waktu dekat.

Pada akhir Agustus lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan BI sudah meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara.

Artinya, QRIS yang selama ini lazim digunakan di Indonesia bisa menjadi alat transaksi antar negara, terutama ASEAN. Dengan QRIS, transaksi UMKM dan dunia pariwisata antar negara pun menjadi lebih mudah dan efisien.

"Kami harapkan terjadi efisiensi dan kita tidak hanya jadi pasar, jadi pengguna, tapi kita juga memiliki platform, aplikasi yang bisa nantinya penggunanya semakin banyak," ungkap Jokowi, Senin (29/8) lalu.

Pada tahap awal, QRIS antarnegara dapat digunakan di Thailand untuk transaksi di sektor pariwisata hingga perdagangan UMKM.

Lalu, QRIS antarnegara di Malaysia sudah dilakukan uji coba sejak Januari lalu.

Adapun QRIS antarnegara di Singapura dan Filipina masih digodok dan ditargetkan meluncur tahun depan.