Porprov X Riau, Ketua KONI Kuansing Yakin Persiapan Tuan Rumah Maksimal

Senin, 03 Oktober 2022

PEKANBARU - Ketua KONI Kuansing, Andi Cs, optimis persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau, maksimal dan berjalan sesuai rencana yang ditetapkan.

Porprov X Riau dijadwalkan digelar di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada 12-22 November 2022. 

Andi Cs menegaskan tuan rumah telah melakukan segala persiapan dan akan mengoptimalkan waktu yang tersisa jelang pembukaan.

"Iya. Dengan waktu yang sedikit ini, kami optimalkan (persiapan). Tujuan kami, bagaimana Porprov Riau ini bisa sukses dan atlet Kuansing tentunya berprestasi," ujar Ketua KONI Kuansing, Andi Cs, beberapa waktu lalu.

Andi Cahyadi juga membantah adanya pemberitaan pencoretan cabor dan ancaman pengunduran diri kabupaten/kota dalam Porprov Riau. "Inikan sudah disampaikan Sekdaprov Riau, pak SF Hariyanto saat ke Kuansing beberapa hari lalu. Tidak ada pencoretan. Sudah diputuskan 26 cabor," ujarnya.

Andi Cahyadi melanjutkan, sampai saat ini belum ada kendala yang akan menghambat kelancaran Porprov X karena pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, provinsi, maupun KONI Riau.

Terkait anggaran, Andi Cahyadi menjelaskan, Pemprov Riau mengalokasikan anggaran bantuan keuangan sebesar Rp25 miliar. Dengan rincian, untuk penyelenggaraan ke Pemkab Kuansing (PB Porprov) sebesar Rp15 miliar dan ke bidang pertandingan dalam hal ini KONI Riau sebesar Rp10 miliar.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau Indra SE. Ia mengatakan, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberikan bantuan keuangan (Bankeu) khusus ke kabupaten/kota di Riau.

"Untuk Kabupaten Kuansing, total bankeu khusus yang diberikan sebesar Rp30.192.000.000, terdiri dari Bankeu Khusus untuk Kecamatan Rp1.500.000.000, Bankeu Rumah Layak Huni Rp1.500.000.000, Bankeu Porpov X sebesar Rp15.000.000.000, dan Bankeu Guru Bantu Rp12.192.000.000," katanya.

Namun, khusus untuk bantuan keuangan pelaksanaan kegiatan Porprov X, hingga saat ini belum diajukan pencairannya oleh Pemerintah Kabupaten Kuansing. "Untuk Bankeu Porprov belum disalurkan karena penyalurannya tergantung pengajuan," ujarnya. *