Proyek SPAM Pekanbaru Dimulai, Diharapkan Mampu Berikan Layanan Penyediaan Air Minum ke Masyarakat

Sabtu, 01 Oktober 2022

Direktur Perumda Air Minum Tirta Siak Agung Anugrah dan Direktur PT. PP Tirta Madani Reza Afnan melakukan penandatanganan proyek SPAM di Pekanbaru

PEKANBARU, Riautribune.com - Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minun (SPAM) Kota Pekanbaru, resmi dilakukan pada Jumat, 30 September 2022.

Bertempat di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tampan Jalan Kayu Mas, Tanggal Operasi Komersial Fase A resmi dilakukan antara Perumda Air Minum Tirta Siak dan PT. PP Tirta Madani.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Siak Agung Anugrah, serta Direktur PT. PP Tirta Madani Reza Afnan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Pekanbaru. 

Direktur Perumda Air Minum Tirta Siak, Agung Anugrah menyebutkan proyek KPBU SPAM Pekanbaru diharapkan bisa memberikan layanan terbaik bagi penyediaan air minum untuk masyarakat Kota Pekanbaru. 

“Apapun yang kita lakukan, dari hulu sampai hilir kita berusaha untuk memperbaiki. Dari segi kualitas air, dari segi kuantitas air, hingga kontinuitas pelayanan kepada pelanggan, kami sedang benahi. Hari ini, merupakan hari yang bersejarah bagi kami, SPAM Pekanbaru sudah bisa berjalan,” kata Agung, pada Jumat, 30 September 2022.

Sementara itu, Direktur PT. PP Tirta Madani, Reza Afnan menambahkan jika pihaknya memberikan komitmen kepada masyarakat Pekanbaru terkait dengan kualitas air.

Dia menyebutkan, hal ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan kualitas air yang keluar dari IPA untuk kemudian didistribusikan Perumda Air Minum Tirta Siak ke pelanggan.

"Dan tentu kualitasnya sesuai dengan Permenkes. Disini kami memastikan kualitas air itu selama 24 jam, rekan – rekan media nanti juga bisa melihat seperti laboratorium yang kami gunakan,” ucap Reza. 

Air yang dihasilkan melalui proyek SPAM Pekanbaru ini kedepannya akan bisa menjadi air yang bisa langsung dikonsumsi. Kapasitas pompa distribusi akan ditingkatkan hingga 500 lps, sehingga bisa menjangkau lebih banyak area.

Dalam hal ini, Dewan Pengawas Perumda Tirta Siak El Syabrina yang juga turut hadir mengatakan, akan mengambil langkah untuk mengimbau kantor kedinasan di Kota Pekanbaru untuk menjadi pelanggan Tirta Siak. 

“Di 1 tahun pertama ini, ada 199 liter per detik air yang diproduksi, itu harus kita serap dan harus dibeli, untuk itu perlu ada peran pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan air yang diproduksi melalui proyek KPBU SPAM ini,” ucap Asisten II itu. (M. Iqbal)