Permintaan Ekspor Melonjak, Harga CPO Naik

Selasa, 27 September 2022

PEKANBARU - Harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) naik di sesi perdagangan minggu ini. Untuk di Provinsi Riau, harga CPO Rp 11.025,87 per kg dan harga Kernel Rp 6.399,49 per kg.

Pada Selasa (27/9/2022), minyak sawit berjangka Malaysia berakhir melesat 1,05% menjadi 3.737/ton atau US$ 820,68/ton dan mengakhiri penurunannya selama tiga hari beruntun.

"Kenaikan harga CPO terjadi disebabkan oleh lonjakan ekspor di tengah permintaan yang naik dari India menjelang hari raya besar. India yang merupakan importir utama CPO dunia, kembali meningkatkan permintaan akan CPO Indonesia," kata Kabid Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (27/9/2022).

India, kata Defris, meningkatkan permintaannya untuk bersiap menghadapi festival Diwali bulan depan.

"India secara agresif membeli minyak sawit dari Indonesia karena harga menarik dan permintaan festival semakin dekat," ungkapnya.

Menurut The Solvent Extractors' Association of India (SEA) bahwa total permintaan India tersebut meningkat tiga kali lipat dari Indonesia, jika dibandingkan dengan periode empat bulan sebelumnya.

"Selain itu, ringgit Malaysia yang terkoreksi terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kian membuat harga CPO lebih murah untuk pembeli yang menggunakan mata uang asing," jelasnya. *