Dinas PU Riau Perbaiki Jembatan Besi Jalan Bintang

Sabtu, 24 September 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Riau, saat ini tengah melakukan pekerjaan perbaikan dan perawatan pada jembatan besi di Jalan Bintang, di Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi.

"Kami sudah mulai kerja sejak semalam (Jumat, 23/9/2022) dengan menutup dan membongkar plat besi jembatan," kata Herianto, pengawas pekerjaan perbaikan jembatan dari DPU UPT Wilayah II Riau, Sabtu (24/92022) kepada Riautribune.com.

Pihaknya, sebut Herianto juga sudah mensosialisasikan pekerjaan perbaikan dan  penutupan akses jalan yang dihubungkan kedua jembatan itu kepada masyarakat, pengemudi angkutan truk sawit, serta kepada pemerintah kepenghuluan setempat.

Sampai pekerjaan perbaikan rampung, kata Heri, pengendara diarahkan untuk menggunakan jalan alternatif. Perbaikan jembatan besi tersebut, kata Harianto, merupakan pelerjaan swadaya, sehingga tidak menggunakan kontraktor.  

"Pekerjaan perbaikan jembatan diperkirakan paling lama dua belas hari. Tapi itu juga tergantung kondisi cuaca. Kalau tiap hari hujan mungkin akan lebih. Tapi akan kita usahakan bisa cepat selesai, kalau perlu kita kerja siang-malam, sehingga jembatan dapat segera dipergunakan masyarakat," jelas Harianto.

Besi pada jembatan ini, kata Heri, direncanakan akan dilakukan pembongkaran keseluruhan, dan diganti dengan plat besi, dan besi tebal penyangga badan jalan yang baru. 

"Karena ini perbaikan, maka sifatnya hanya sementara. Tapi bisa dipergunakan selama satu tahun, dan insya Allah pada tahun depan akan dibangun jembatan permanen," jelas Heri.(amran)