Pemprov Riau Serahkan Bantuan Pertanian Kepada Poktan Di Rohil

Rabu, 21 September 2022

Wabup Rohil H Sulaiman, dan Asisten II Setdaprov Riau HM Job Kurniawan menyerahkan bantuan pertanian kepada poktan. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Pemprov Riau menyerahkan bantuan bahan dan sarana pengendalian hama penyakit, serta benih padi inbrida, kepada kelompok tani padi di Rohil.

Bantuan tersebut diserahkan Asisten II Setdaprov Riau HM Job Kurniawan AP, M.Si, mewakili Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, usai acara panen raya padi Program Budidaya Tanaman Sehat, yang dilakukan di Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Rabu (21/09/2022).

Turut serta menyerahkan bantuan pertanian tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong. Ada Kadis Pertanian Provinsi Riau Hendra Irawan, Pasi Intel Kodim 0321 Rohil Kapten Arh Iswandi, Plt Camat Rimba Melintang H Sukirman S.Ag, Penghulu Mukti Jaya Yohono, Plt Kadis KPP Rohil, masyarakat dan kelompok tani.

Selain menyerahkan bantuan, Asisten ll Provinsi Riau Job Kurniawan, juga menyampaikan kabar gembira kepada para petani padi perihal status kepemilikan lahan padi. 

"Kedepannya lahan sawah akan di SK kan oleh menteri menjadi lahan sawah dilindungi, dengan harapan agar tidak berubah fungsi," kata Job Kurniawan, yang mantan Sekda Rohil. 

Job juga menyampaikan apresiasi atas produktifitas pertanian yang dapat menekan inflasi. "Inflasi kita di Riau saat ini sudah menurun dengan meningkatnya produksi tanaman cabe," ucap Job. 

Data statistik, kata Job, ada 100 - 120 hektare (ha) lahan sawah merupakan lahan alih fungsi. Sehingga, ujar Job,  meningkatkan produksi padi perlu terus dilakukan dengan menambah luas lahan, dengan didukung tersedianya alsinta, serta bibit berkualitas.

"Lainnya seperti yang kita lakukan hari ini panen padi Budidaya Tanaman Sehat. Lainnya petani akan dibuat berkelompok agar memudahkan pemerintah dalam mengorganisir para petani demi meningkatkan kwalitas dan kwantitas produksi," pungkas Job.

Wabup Rohil H Sulaiman menyampaikan agar Camat terus memperhatikan produksi padi di Kecamatan Rimba Melintang, serta meminta para petugas PPL senantiasa memberikan edukasi kepada para pertanian. 

Panen padi Budidaya Tanaman Sehat, kata Wabup, merupakan contoh pertanian yang tidak menggunakan pupuk kimia. Menurut Wabup, pertanian budidaya tanaman sehat tanpa bahan kimia perlu disosialisasikan kepada masyarakat petani di Rohil. 

"Kecamatan Rimba Melintang memiliki lahan pertanian seluas 949 ha, dan melaksanakan panen dua kali dalam satu tahun. Pemkab Rohil senantiasa berupaya agar produksi pertanian terus meningkat," jelas Wabup. 

Wabup juga menyampaikan hasil padi masyarakat Rohil dijual dan dikemas dengan merek luar, serta bebas dipasarkan di Rohil. "Terimakasih dan apresiasi kepada para petani padi yang hingga saat ini masih tetap bertani, memproduksi padi," kata Wabup. (Amran/rilis)