Gekraf Riau Tertarik Promosikan Hasil Karya UMKM Binaan CSR PT IKPP

Rabu, 21 September 2022

Gekraf Provinsi Riau kunjungi gerai UMKM binaan corporate social responsibility (CSR) PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP). (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Provinsi Riau kunjungi gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan corporate social responsibility (CSR) PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang Mill, Rabu 21 September 2022 siang.

Gekraf merupakan salah satu organisasi gerakan masyarakat dan para pelaku ekonomi kreatif yang memiliki visi bersama yakni bersinergi, berdaya guna menjadikan ekonomi kreatif sebagai masa depan Indonesia.

Kunjungan Gekraf Riau ini disambut langsung oleh Pimpinan PT IKPP Perawang Mill Hasanuddin The yang di dampingi Humas Armadi, dan Pimpinan CSR PT IKPP Murseno SAP, serta Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK.

Setibanya Ketua DPD Gekraf Riau Dendi Nugraha bersama rombongan di Rumah Pintar Abdul Wahid yang berada di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau itu, rombongan melihat proses pelatihan anyaman lidi sawit yang sedang berlangsung hingga 3 hari kedepan.

Ia mengaku senang melihat antusias ibu-ibu yang semangat belajar membuat berbagai macam produk yang berbahan dasar dari lidi sawit itu.

"Ibu-ibu disini sangat semangat sekali mengikuti pelatihan ini, mudah-mudahan ibuk-ibuk berhasil menciptakan produk-produk unggulan yang memiliki nilai jual," ungkap Dendi Nugraha.

Pimpinan Gerkraf Riau itu menjelaskan, tujuan gekraf Riau hadir hari ini adalah untuk menjaring para pelaku UMKM yang nantinya akan diseleksi dan kita bantu untuk dipasarkan.

"Kita menjaring para pelaku UMKM, yang nantinya akan kita bantu untuk di pasarkan. Seperti yang kita lihat hari ini, ternyata di Perawang ini banyak karya atau hasil kerajinan tangan yang bagus. Ini nantinya akan kita coba ikut sertakan pada Iven besar agar masyarakat dari luar Perawang juga mengetahui bahwa di Perawang ini banyak kerajinan tangan yang bagus," jelasnya.

Lanjutnya menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan pendataan dan segera berkolaborasi dengan pemerintah setempat serta perusahaan-perusahan lainnya yang juga memiliki UMKM binaan.

"Kita akan melakukan pendataan dan juga melakukan kolaborasi kepada pemerintah serta perusahaan-perusahaan lainnya hingga nantinya kita akan buat event besar untuk promosi produk UMKM dari berbagai wilayah di Riau ini," terangnya.

Menanggapi hal itu, Pimpinan PT IKPP Perawang Mill Hasanuddin The yang didampingi oleh pimpinan CSR PT IKPP Murseno SAP mengucapkan terimakasih atas peluang yang diberikan gekraf kepada para UMKM binaan perusahaan.

"Terima kasih banyak kepada gekraf yang membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan, semoga niat baik kita semua di mainkan oleh sang pencipta," ungkapnya.

Diketahui, saat ini PT IKPP Perawang Mill melalui CSR nya memiliki lebih dari 150 UMKM binaan yang tersebar di wilayah kecamatan Tualang dan sekitarnya.

Produksi dari UMKM binaan tersebut juga terdiri dari kerajinan tangan, makanan, minuman, serta pertanian dan peternakan. (Rizal Iqbal)