DLH Rohil Gelar Pertemuan Dengan Manajemen PKS

Senin, 19 September 2022

Pengambilan sampel limbah perusahaan kelapa sawit (PKS). (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rokan Hilir (Rohil) mengelar pertemuan dengan manajemen Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) se Kabupaten Rohil, di ruang pertemuan Lantai II Kantor DLH Rohil, di Batu Enam, Senin (19/09/2022). 

Pertemuan tersebut di pimpin langsung Kepala DLH Rohil Suwandi S.Sos, MSi, juga di hadiri Kabid Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan, dan Kepala UPT Laboratorium Lingkungan DLH Rohil, serta manajemen dari 31 pabrik kelapa sawit (PKS).

Dari pertemuan tersebut terungkap masih banyak PKS di Rohil yang belum menyampaikan laporan triwulan hasil pemeriksaan sampe limbah, dan masih banyak PKS yang masih memeriksakan sample limbah ke Laboratorium Lingkungan daerah lain.

"Realisasi pendapatan daerah (dari sektor pemeriksaan limbah yang) belum memenuhi target. Sesuai target, retribusi pendapatan asli daerah Rp400 juta pada tahun ini," kata Suwandi, kepada para manajemen PKS yang menghadiri pertemuan. 

Sebab itu, dari penjelasan Suwandi, agar perolehan pendapatan tersebut dapat memenuhi target, diharapkan PKS-PKS se Rohil, melakukan pemeriksaan sample di Laboratorium Lingkungan DLH Rohil, yang berada di Bagansiapiapi. 

"Bapak-bapak pengelola PKS masih ada yang memeriksakan sample limbah di tempat lain (daerah lain), sebab itu diharapkan agar melakukan pemeriksaan sample ke laboratorium yang ada pada kita," jelasnya. 

Setelah pertemuan, Suwandi enggan memberikan komentar terkait belum memenuhi target pendapatan daerah yang dimaksud. (Amran)