Tim Densus 88 Amankan Sembilan orang Terduga Teroris, Ini Penjelasan Polda Riau

Kamis, 15 September 2022

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto

PEKANBARU, Riautribune.com - Tim Densus 88 amankan sembilan orang terduga teroris dari Riau tepatnya di Kotamadya Dumai dan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Rabu, 14 September 2022 lalu.

Tak tanggung-tanggung, sembilan orang terduga teroris diamankan langsung oleh tim Densus 88 Mabes Polri.

Ternyata tim Densus 88 Mabes Polri langsung bergerak ke wilayah dari provinsi Riau tersebut.

Kabar tentang tim Densus 88 amankan sembilan orang terduga terori dari Riau tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto pada Kamis, 15 September 2022.

"Benar penangkapan 9 terduga teroris dilakukan Tim Densus 88 Mabes Polri," kata Sunarto.

Saat dimintai keterangan mengenai lokasi pasti tim Densus 88 yang melakukan penangkapan, apa saja yang diamankan dan identitas dari sembilan orang terduga teroris tersebut, Sunarto mengaku tidak memiliki datanya.

Jadi hingga kini belum diketahui lokasi pastinya penangkapan sembilan orang terduga teroris dari Riau tersebut.

"Saya tidak punya datanya," ujar Sunarto.

Setelah mencoba mencari informasi dari berbagai sumber, akhirnya dapat dirangkum tentang sembilan orang terduga teroris tersebut.

Tim Densus 88 amankan sembilan orang terduga teroris dari Riau di antaranya delapan orang dikabarkan diamankan di Dumai.

Sedangkan satu orang terduga teroris lagi diamankan di kawasan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kota Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, membenarkan penangkapan terduga teroris di wilayah hukumnya.

Namun, saat ditanya total terduga teroris yang diamankan, mantan Kapolres Rohil ini hanya menjawab singkat bahwa yang diamankan lebih dari satu orang.

"Benar, kemarin Tim Densus 88 Antiteror melakukan penindakan di Dumai," kata Nurhadi.

Untuk data lebih rinci Nurhadi mengatakan, nanti akan disampaikan Kabid Humas (Polda Riau) maupun Mabes Polri.

"Penangkapan tersebut sudah kewenangan Mabes Polri. Lebih jelasnya nanti ada penyampaian (informasi) dari Humas Polda Riau maupun Mabes Polri," katanya.

Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alfonso SIK MH saat dihubungi terpisah, juga mengakui adanya penangkapan terduga teroris di wilayah hukumnya.

"Iya, kemarin ditangkap densus," singkatnya.

Hingga saat ini, informasi tentang tim Densus 88 amankan sembilan orang terduga teroris dari Riau, masih hanya sebatas informasi umum saja. (Reynold)