Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 8 Makanan Untuk Membersihkan Usus

Senin, 12 September 2022

Ilustrasi: net

JAKARTA, Riautribune.com - Usus manusia merupakan rumah untuk 100 triliun lebih mikroorganisme. Mikroorganisme ini utamanya berasal dari makanan dan gabungan dari bakteri jahat dan baik.

Seperti dilansir dari detik.com, jika jumlah bakteri jahat lebih banyak dan tidak seimbang dengan bakteri baik, hal ini menyebabkan gangguan fungsi normal tubuh, infeksi, bahkan penyakit berbahaya.

Maka dari itu, usus berusaha keras dan secara efisien menjaga sistem pencernaan yang kuat dengan mengatur tekanan darah dan menjaga jantung dalam kondisi baik.

Maka, pembersihan usus dengan makanan dianggap penting untuk mendetoksifikasi dan menaikkan metabolisme tubuh secara alami. Lantas, apa saja makanan yang bisa membersihkan usus? Berikut ini penjelasannya.

1. Apel
Apel mengandung enzim yang disebut pektin yang menghilangkan racun di usus besar dan memperkuat lapisan di dalam usus sehingga dapat menjaga kebersihan usus dan jaringannya. Tidak heran ia sering direkomendasikan sebagai obat alami sembelit.

2. Makanan dan Minuman yang Mengandung probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dicerna melalui mulut. Probiotik dapat mengusir bakteri jahat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh di pencernaan. Pada jenis tertentu, ia juga membantu tubuh memproduksi lebih banyak vitamin B. Ada sejumlah probiotik alami yang bisa didapat dari makanan, seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

3. Biji Labu
Pernah melihat biji labu? Jika iya, sebaiknya manfaatkan hal itu untuk pengobatan membersihkan cacing di usus. Biji ini memiliki serat dan lemak sehat guna menyehatkan usus besar tanpa mengganggu flora mikroba usus.

4. Lemon
Salah satu sumber vitamin C ini merupakan detoks alami tubuh karena kandungan antioksidannya. Jus lemon dipercaya menyembuhkan peradangan dan membersihkan usus besar.

5. Oatmeal
Oatmeal adalah salah satu jenis gandum utuh yang ramah bagi organ pencernaan dan jantung. Dikarenakan rasanya yang hambar, ia sering kali dicampur dengan buah-buahan dan yogurt.

6. Lidah Buaya
Tanaman yang tumbuh subur di negara tropis ini tidak hanya bermanfaat untuk rambut dan kulit saja, tetapi bisa mendetoksifikasi usus dari racun karena kandungan antioksidannya. Jika tertarik, masyarakat bisa mengonsumsinya sebagai jus atau olahan jeli yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan.

7. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah dengan sumber lemak sehat melimpah yang dapat larut dalam usus. Hal ini memberikan efek baik agar mempermudah pergerakan usus dan menjaga usus besar (kolon) tetap bersih.

8. Makanan Berserat
Dikutip dari laman Makeupandbeauty, serat adalah kategori nutrisi yang tidak terurai menjadi molekul gula dan bertindak sebagai bahan bakar bagi bakteri sehat di usus. Koloni bakteri yang sehat sangat penting untuk penyerapan nutrisi dan vitamin yang lebih baik ke dalam tubuh.

Bagi orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, rekomendasi makanan berserat adalah kunci. Sebab, ia membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat, membersihkan sembelit, mengatur kadar gula darah, dan mengendalikan nafsu makan.