Diduga Rem Blong, Truk Tabrak Belasan Kendaraan di Dumai, DPRD Riau Minta Razia KIR

Kamis, 01 September 2022

Abdul Kasim

PEKANBARU, Riautribune.com - Anggota DPRD Riau asal Dumai, Abdul Kasim, meminta pemerintah untuk serius dalam menjamin keselamatan masyarakat yang beraktivitas di jalan raya. Kejadian ini terjadi, hanya beberapa jam setelah kejadian serupa di Bekasi. 

Hal tersebut dia sampaikan usai terjadinya kecelakaan di Dumai, dimana satu unit truk yang diduga mengalami rem blong menabrak belasan kendaraan di Simpang Bundaran Dumai, Rabu (31/8/2022).

Kecelakaan ini membuat sejumlah kendaraan mengalami rusak parah, dan salah seorang pengendara motor terperosok ke bawah truk. Korban dikabarkan mengalami luka serius.

"Saya ikut berduka cita atas kejadian kemarin sore di Kota Dumai. Informasi yang saya terima dari masyarakat, diduga penyebabnya adalah rem blong," ujar Kasim.

Peristiwa tersebut, menurut politisi PKS ini, mestinya menjadi peringatan bagi Dinas Perhubungan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, untuk memastikan keamanan truk yang melintas.

Dasar hukum pengawasan kepada truk, kata dia, sudah tercantum dalam UU Nomor 22 tahun 2009,  dimana setiap kendaraan harus dilakukan uji KIR. KIR mobil adalah serangkaian pemeriksaan yang harus dilakukan guna memastikan jika kendaraan yang beroperasi di jalan sudah sesuai dengan persyaratan, aman, serta layak berkendara di jalan.

"Kita minta ada inisiatif atau peran daripada dinas perhubungan untuk mengadakan razia kendaraan-kendaraan yang masuk, baik dari luar provinsi maupun di dalam provinsi," terangnya.

Selain itu, tegas Kasim, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 30 tahun 2020, bisa menjadi dasar pemerintah untuk melakukan razia.

"Perlu dilakukan razia di setiap perbatasan, kita tidak ingin ada kejadian lagi seperti yang telah terjadi di kota Dumai atau di daerah-daerah yang lain, seperti kita lihat di media massa," tegasnya.

Pengawasan ekstra ini, jelas Kasim, sangat diperlukan, agar kedepannya kecelakaan akibat truk rem blong bisa diminimalisir. Karena, kecelakaan seperti ini sering terjadi, bahkan banyak beredar video kecelakaan viral di media sosial

"Banyak kejadian begitu, yang truk menghantam pengemudi sepeda motor dan kendaraan yang lainnya. Maka dari itu, uji KIR harus dimaksimalkan. Apabila mobil tersebut tidak layak jalan, maka harus dilaksanakan perbaikan oleh pihak pemilik kendaraan tersebut," ulasnya.***