Disdukcapil Kerjasama dengan Puluhan RS dan Klinik Terbitkan Akta Lahir

Rabu, 31 Agustus 2022

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Murdinal Guswandi S.STP M.M

PEKANBARU, Riautribune.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, menjalin kerjasama penerbitan akta lahir dengan 21 rumah sakit (RS), satu puskesmas dan 7 klinik persalinan.

Kerjasama tersebut tertuang dalam perjanjian kerjasama atau PKS yang ditandatangani pada 16 Agustus 2022 kemarin.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Hj Irma Novrita S.Sos M.Si melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Murdinal Guswandi S.STP M.M menyebutkan, PKS dengan puluhan RS, puskesmas dan klinik itu merupakan salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan pelayanan bagi warga.

Sehingga dengan adanya kerjasama ini, nantinya bagi warga atau pasien yang keluar rumah sakit pasca melahirkan bisa langsung membawa pulang akta lahir, kartu keluarga yang baru, serta Kartu Identitas Anak (KIA).

"Jadi satu paket dia. Ada akta lahir, kartu keluarga, serta kartu identitas anak," ucapnya, Selasa (30/8).

Untuk proses pelayanan penerbitan akta lahir sendiri, terang Murdinal, pihaknya berinovasi dengan membentuk Aplikasi Kado Camer atau Kerjasama Penerbitan Dokumen Pasca Melahirkan yang bisa diakses RS, puskesmas dan klinik secara online.

Setiap dokumen yang masuk, lanjut dia, akan langsung diproses Disdukcapil. "Khusus untuk dokumen yang ditandatangani secara elektronik baik itu akta lahir, kartu keluarga, itu kita terbitkan satu kali dalam 24 jam," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Murdinal, dalam penerbitan akta lahir melalui PKS di aplikasi Kado Camer, Disdukcapil memberikan pelayanan secara gratis.

"Khusus Disdukcapil, itu tidak ada dipungut biaya sama sekali. Kalau pihak rumah sakit, klinik, puskesmas, itu kan mereka ada manajemen, jadi itu tergantung kebijakan manajemen. Tapi harapan kita, yang dokumen ini tidak ada biaya," tutupnya.