Drawing Piala AFF 2022: Indonesia Terbebas dari Grup Neraka

Selasa, 30 Agustus 2022

JAKARTA - Timnas Indonesia terbebas dari grup neraka di Piala AFF 2022 setelah drawing rampung digelar di Bangkok, Thailand, Selasa (30/8).
Piala AFF untuk kali pertama menjalin kerja sama dengan Mitsubishi Electric sebagai sponsor setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Suzuki.

Indonesia yang berada di pot ketiga tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan satu tim pemenang dari babak playoff kualifikasi.

Hasil drawing tersebut membuat Indonesia terbebas dari potensi masuk grup neraka. Meski tercatat dalam pot ke-3, Indonesia dan Thailand jadi dua tim favorit di Grup A.

Sementara Grup B dihuni Vietnam sebagai tim unggulan pertama dihuni Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Di atas kertas, Indonesia dan Thailand akan menjadi wakil Grup A sementara Vietnam dan Malaysia berpotensi mewakili Grup B. Namun, kejutan bisa terjadi di turnamen antarnegara ASEAN tersebut.

Di Piala AFF 2020 (2021), Indonesia yang ditangani Shin Tae Yong berhasil menembus ke final. Sayang, Asnawi Mangkualam dkk kalah agregat 2-6 dalam format kandang dan tandang.

Format Piala AFF 2022 tidak akan menggunakan pola Piala AFF 2020 yang terpusat di satu tempat. Pertandingan babak penyisihan grup akan menerapkan sistem round robin dengan masing-masing tim menjalani dua pertandingan kandang dan dua laga tandang.

Kemudian empat tim terbaik dari dua grup berhak lolos ke babak semifinal. Babak knockout akan menerapkan sistem dua leg kandang dan tandang.

Hasil drawing Piala AFF 2022:
Grup A
Thailand
Filipina
Indonesia
Kamboja
Brunei/Timor Leste

Grup B
Vietnam
Malaysia
Singapura
Myanmar
Laos,*