Ini 6 Jurus Beli Tiket Pesawat Murah, Berburu Tengah Malam

Senin, 29 Agustus 2022

JAKARTA - Bepergian dengan menggunakan pesawat terbang seringkali dipilih wisatawan, terutama bila ingin ke luar negeri. Alasan waktu menjadi pertimbangan memilih transportasi pesawat terbang.

Namun, belakangan harga tiket pesawat mengalami kenaikan. Hal ini membuat wisatawan yang ingin pergi naik pesawat terbang mesti memutar otak agar kantong tidak bolong.

Sebelum akan pergi, banyak orang biasanya mempertimbangkan lebih dulu berapa harga tiket pesawat yang harus dibayar. Sebab, tentu dampaknya dapat menghemat pengeluaran selama bepergian, karena ada uang yang juga harus dianggarkan untuk kebutuhan lain seperti penginapan dan makan.

Mendapat tiket pesawat dengan harga murah memang menjadi tantangan tersendiri bagi para traveler. Yuk simak beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapat tiket murah, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lakukan Perjalanan Saat Low Season
Harga tiket pesawat biasanya menjadi rendah saat low season atau ketika periode orang paling sedikit berkunjung ke suatu tempat. Low season di Indonesia biasanya terjadi pada pertengahan Januari hingga April atau September sampai awal Desember.

Kebalikan dengan low season, high season merupakan periode padat orang-orang bepergian. High season di Indonesia biasanya terjadi saat musim Lebaran, musim libur sekolah, dan akhir tahun. Saat high season, harga tiket pesawat akan lebih mahal.

2. Pakai Promo dan Diskon
Sejumlah maskapai pasti bakal menawarkan berbagai promo atau diskon untuk menarik pelanggan. Nah, Anda mesti berburu promo atau diskon tersebut, karena biasanya jumlahnya terbatas.

Supaya bisa mendapat tiket pesawat dengan promo, biasanya perlu upaya ekstra dari pelancong. Online Travel Agent (OTA) atau maskapai juga tak jarang menggelar flash sale. Ada pula maskapai yang menawarkan diskon bila menggunakan pembayaran lewat bank tertentu.

3. Beli Tiket dari Jauh-Jauh Hari
Sudah menjadi rahasia umum bila Anda membeli tiket dari jauh-jauh hari, maka harga tiket pesawat akan lebih murah. Nah, untuk memesan tiket pesawat, sebaiknya sudah Anda lakukan sejak 2 atau 3 bulan sebelum keberangkatan.

Sebab, waktu ideal memesan tiket pesawat biasanya maksimal 5 pekan sebelum waktu keberangkatan. Ada pula hari pembelian tiket yang ideal yakni hari Minggu dengan waktu keberangkatan Kamis atau Jumat.

4. Beli Tiket Jelang Tengah Malam
Waktu pembelian tiket menjadi hal penting. Sebab, ada kecenderungan harga tiket pesawat menjadi lebih murah sampai 10 persen. Sebagian pemburu tiket pesawat murah, memilih waktu membeli tiket pesawat di atas pukul 22.00.

Hal ini karena saat tengah malam, banyak orang hanya memesan tiket tapi tidak menyelesaikan pembayaran, itu membuat stok tiket pesawat bertambah kembali dan pelancong yang baru akan membeli bisa langsung membayarnya.

5. Pilih Maskapai Tipe Low-Cost Carrier
Maskapai low-cost carrier(LCC) menawarkan harga tiket pesawat yang lebih murah ketimbang maskapai full service. Hal tersebut karena maskapai LCC punya layanan lebih terbatas.

Namun, jika naik maskapai LCC, Anda mesti pasrah dengan ruang kaki dan kursi yang lebih sempit atau mesti bayar lagi untuk bagasi. Oleh karena itu, ketika naik naik maskapai LCC, Anda dianjurkan tidak membawa banyak barang atau cukup dengan gaya backpacker.

Tiket pesawat maskapai LCC memang murah, tapi Anda harus berhati-hati karena harga bagasinya cukup mahal. Jadi, bila ingin bawa banyak barang, Anda perlu membandingkan harganya dengan maskapai full service dengan bagasi sampai 15/-25 kg, mana yang lebih murah.

6. Pantau Akun Media Sosial OTA atau Maskapai
Ada baiknya untuk memantau akun media sosial Online Travel Agent (OTA) atau maskapai penerbangan, karena biasanya mereka mengumumkan berbagai program untuk pelanggan di media sosial.

Programnya termasuk promo atau potongan harga tiket pesawat. Awasi penawaran diskon atau promo tiket pesawat tersebut sampai benar-benar selesai, karena tak jarang muncul harga sangat murah yang diberikan.*