Mahasiswa Kukerta Unri Ikut Sukseskan Program Penanaman Bakau di Pangkalan Jambi

Ahad, 21 Agustus 2022

Mahasiswa Kukerta Unri Ikut Sukseskan Program Penanaman Bakau di Pangkalan Jambi

PANGKALANJAMBI,Riautribune.com - Mahasiswa yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, aktif dalam kegiatan penyelamatan lingkungan pesisir. Salah satunya adalah dengan melakukan penanaman mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove yang ada di daerah tersebut.

Ega, salah seorang mahasiswa Kukerta Unri di Desa Pangkalan Jambi menjelaskan, ia dan kawan-kawannya sangat senang dapat terlibat dalam upaya penyelamatan lingkungan tersebut. Menurutnya kegiatan di kawasan Ekoswisatan Mangrove ini merupakan kesempatan yang berharga untuk menambah pengalaman dalam upaya menyelamatkan bumi, terutama di daerah pesisir.

"Kita tahu bahwa salah satu masalah yang kerap dihadapi masyarakat di pesisir adalah masalah abrasi. Hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan penanaman bakau di sekitar pantai. Dan kami sangat senang dapat ikut berpartisipasi dalam program penanaman bakau yang tahun ini dijalankan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau bersama warga dan pengelola kawasan ini," jelas Ega dalam rilis yang diterima redaksi, Minggu (21/8/2022).

Ega juga merasa senang dapat berdiskusi langsung dengan Ketua Komisi I DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim, S.Sos. M.Si saat meninjau kegiatan penanaman bakau, sekaligus melakukan penanaman perdana bersama Sekretaris DKP Fajriani dan Kabid Kelautan dan Pengawasan Ir. Herimufty, Selasa (16/8/2022) lalu.

"Kami berharap perhatian pemerintah provinsi dan kabupaten untuk kawasan pesisir dapat lebih ditingkatkan agar kelestarian lingkungan dapat terjaga dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," harapnya.

Ega juga mengajak, para mahasiswa dan kalangan muda lainnya juga memiliki kepedulian terhadap masalah kelestarian lingkungan. "Selama berinteraksi di Mangrove Eduacation Center ini dan berdiskusi anggota kelompok Koperasi Jaya Bersama yang mengelola kawasan Ekowisata ini, kami banyak mendapat ilmu dan pengetahuan tentang kegiatan pelestarian lingkungan kawasan pesisir. Kami akan sampaikan hal ini nantinya kepada teman-teman di kampus," ujarnya.***