8 Bahan Skincare untuk Mengencangkan Kulit Wajah Pria

Rabu, 17 Agustus 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Proses penuaan memang tidak bisa dihentikan. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.
Salah satu caranya adalah dengan mencari bahan skincare untuk mengencangkan kulit wajah pria.

Tak cuma wanita, kulit pria juga perlu dirawat. Kulit pria rentan kehilangan elastisitasnya sehingga mudah muncul tanda penuaan.

Mengaplikasikan skincare dengan kandungan-kandungan berikut bisa membantu mengencangkan kulit dan mempertahankan elastisitasnya. Berikut daftarnya.

1. Hyaluronic acid
Bahan skincare yang pertama terkenal dengan kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan kemampuan mempertahankan kelembapan, kulit akan terhidrasi dengan baik.

Skincare seperti pelembap maupun serum yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu mengurangi kerutan, serta meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

2. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya merupakan bahan skincare yang berfungsi sebagai anti penuaan. Lidah buaya mengandung nutrisi dan mineral penting seperti vitamin A, E, dan magnesium yang bermanfaat mempertahankan kelembapan kulit.

Selain itu, aloe vera juga mengandung fitosterol yang berfungsi sebagai anti-iritasi dan inflamasi. Bahan skincare ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit serta membantu menjaga kelembapan kulit dari waktu ke waktu.


3. Vitamin C
Vitamin C merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas, serta mencegah timbulnya tanda-tanda umum penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, kendur, dan lainnya.

Vitamin C adalah salah satu bahan anti aging terbaik untuk pria karena dapat juga mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bintik hitam dan hiperpigmentasi, serta menstabilkan kolagen dan elastin pada lapisan kulit.

4. Jojoba oil

Minyak jojoba adalah bahan skincare yang kaya akan vitamin dan bersifat non-comedogenic. Artinya, jojoba oil tidak akan menyumbat pori-pori dan membuat kulit berminyak.

Minyak jojoba memungkinkan menyerap menembus jauh ke dalam kulit. Selain memperlambat munculnya penuaan, minyak jojoba membantu memudarkan garis-garis halus dan kerutan.

5. Glycolic acid
Glycolic acid atau AHA merupakan eksfoliasi alami yang efektif membersihkan sel-sel kulit mati. AHA bekerja untuk mempercepat proses regenerasi sehingga kulit menjadi lebih cerah dan kencang.

Selain itu, bahan skincare ini dapat memperbaiki elastisitas dan struktur kulit.

6. Retinol

Salah satu turunan dari vitamin A ini dapat membantu pergantian sel baru dan melancarkan produktivitas kolagen aktif. Hal ini dapat memperlambat munculnya tanda penuaan, sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan kencang.

Permasalahan kulit yang bisa atasi dengan retinol antara lain, hiperpigmentasi, bintik hitam, jerawat, kerutan serta garis-garis halus.

Retinol saat ini sangat mudah ditemukan di berbagai produk skincare karena efektif untuk memaksimalkan proses perbaikan kulit.


7. Vitamin E
Bahan skincare untuk mengencangkan kulit wajah pria selanjutnya adalah vitamin E.

Ini adalah satu vitamin yang paling ampuh untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit. Kandungannya yang tinggi antioksidan dapat mencegah tanda penuaan.


8. Kolagen

Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen di kulit pun akan menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kolagen pada kulit dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah tanda penuaan.

Demikian bahan skincare untuk mengencangkan kulit wajah pria yang dapat menjadi referensi Anda dalam mencari produk perawatan.