Kejuaraan Super Grasstrack dan Motocross Danrem 031/WB Cup 1 Siak Resmi Dimulai

Sabtu, 13 Agustus 2022

SIAK, Riautribune.com - Cuaca mendung disertai rintik-rintik hujan gerimis saling berpacu dengan suara gemuruhnya knalpot motocross, menghiasi sirkuit Permanen Mandala Putra di Kampung Tumang, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau l, saat dimulainya kejuaraan Super Grasstrack dan Motocross Danrem 031/WB Cup 1, Sabtu 3 Agustus 2022 siang.

Kejuaraan yang ditaja oleh Kodim 0322 Siak ini digelar dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

Terlihat lebih kurang sebanyak 250 pebalap dari 13 kelas yang diperlombakan tampak membanjiri sirkuit permanen Mandala Putra.

Selama dua hari kedepan (13-14 Agustus 2022), Kejuaraan Grasstrack dan Motocross ini digelar dengan memperebutkan Piala Danrem 031/Wira Bima dan uang tunai jutaan rupiah.
 
Ketua Panitia Penyelenggara Sutrimo, di sela-sela kejuaraan menjelaskan, kelas yang dipertandingkan ada sebanyak 13 kelas, diantranya kelas Bebek Modif 4 tak 130 CC open, sport dan trail senior open, campuran senior open, bebek modif 4 tak junior open usia maksimal 20 tahun, bebek standar pemula open usia maksimal 17 tahun, sport dan trail junior open usia maksimal 20 tahun.

Kemudian lanjutnya, kelas campuran pula open maksimal usia 17 tahun, campuran lokasi kabupaten Siak, bebek standar pabrikan kabupaten Siak (RBT), bebek standar pabrikan Riau (RBT), bebek standar pabrikan open (RBT), kelas executive, serta kelas spesial engine 65 CC.

"Seluruh peserta itu akan memperebutkan hadiah dengan total sebanyak Rp 107 juta," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Danrem 031/Wira Bima Brigadir Jenderal TNI Parlindungan Hutagalung, S,AP mengatakan kejuaraan ini digelar dengan tujuan memupuk semangat kemerdekaan dalam menyambut HUT kemerdekaan RI yang ke 77.

"Dengan hal yang positif ini, kita jadikan sebagai wadah bagi generasi muda khususnya para pebalap Grasstrack dan Motocross untuk menyalurkan kampuannya dibidang olahraga otomotif ini. Mari Kobarkan semangat juang, dengan semangat kemerdekaan bersama-sama kita wujudkan sportifitas dan mental juang yang tangguh bagi generasi muda," pesannya.

Pimpinan Resor Militer 031 Wirabima itu juga menyebutkan usai kejuaraan ini, para pebalap juga akan disiapkan untuk mengikuti kejuaraan kejuaraan lainnya, tentunya kejuaraan ini merupakan wadah bagi para pebalap menyalurkan bakatnya.

"Setelah ini (kejuaraan Super Grasstrack dan Motocross Danrem 031/WB Cup 1) yang mendapatkan juara nantinya akan kita salurkan ke jenjang kejuaraan tingkat lanjutan, kita berkoordinasi dengan IMI Siak dan IMI Riau agar prestasi para pebalap muda ini terus tersalurkan," ujarnya.
 
Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK mengatakan, Pelaksanaan kejuaraan Super Grasstrack dan Motocross Danrem 031/WB Cup 1 ini diyakini dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat, juga para pebalap untuk beradu kemampuan dan saling menunjukkan skill menuju prestasi terbaik.
 
“Kita sangat mendukung atas terselenggaranya kejuaraan ini. Kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk menghindarkan kegiatan kebut-kebutan di jalan raya dan berbagai kegiatan negatif lainnya yang rentan terjadi bagi generasi muda,” sebutnya.

Mantan mantan Kasubdit Patroli Dit Polairud Polda Riau itu mengaku sangat senang dan mendukung terselenggaranya kejurnas ini. Ia pun berharap para peserta dapat menjunjung sportifitas dan mengedepankan skill.

"Semoga para pebalap ini dapat mengharumkan nama tim dan daerahnya masing-masing. Serta terusengukir prestasi dalam olahraga otomotif ini," pungkasnya.

Tampak hadir dalam pembukaan kejuaraan Super Grasstrack dan Motocross Danrem 031/WB Cup 1 itu Kasrem 031/WB, PJU KOREM 031/WB, unsur forkopimda Kabupaten Siak, Ketua IMI Riau, Ketua IMI Siak, Dandim 0322/Siak Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi ,para Danramil dan PJU Kodim 0322/Siak, serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Kejuaraan itu dibuka dengan tes Ride, para tamu yang dipimpin langsung oleh Danrem 031/WB Brigadir Jenderal TNI Parlindungan Hutagalung, S,AP melintasi sirkuit Mandala Putra.(Rizal iqbal)