Pemko Pekanbaru Gagas Pustaka di Setiap Kecamatan yang Ada di Pekanbaru

Jumat, 12 Agustus 2022

PEKANBARU, Riautribune.com - Perpustakaan merupakan salah satu sarana penting dalam penyediaan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi.

Sebagai jantungnya ilmu pengetahuan, perpustakaan memiliki andil besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Wali Kota Pekanbaru, Muflihun dalam acara Gebyar Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 menyampaikan pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berkeinginan untuk menyediakan ruang pustaka pada setiap kecamatan.

“Pemerintah ingin menambah bahan bacaan dan perpustakaan di setiap kecamatan," kata Muflihun di Komplek Perkantoran Tenayan Raya pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Menurut Muflihun, keberadaan perpustakaan kecamatan berfungsi sebagai penggerak terciptanya budaya membaca dan menulis yang mampu mengembangkan potensi dari masyarakatnya.

"Anak-anak adalah aset bangsa yang harus dibimbing dan diberi pembelajaran. Karena kedepannya mereka yang akan menjadi pemimpin di negara, propinsi maupun kota ini,” jelasnya.

Kemudian, Muflihun juga berencana dan berupaya untuk pemenuhan hak anak akan terus ditingkatkan.

"Caranya kita terus menguatkan forum anak di Kota Pekanbaru sampai forum di tingkat kecamatan.

Selain itu, kita harus meningkatkan pengembangan pusat kreativitas anak, pengembangan sekolah ramah anak ruang bermain, serta rumah ibadah ramah anak," jelasnya.

Dengan saling bersinergi dalam memenuhi hak anak, Pj Wako Pekanbaru yakin, Kota Layak Anak dengan Predikat Utama bisa diraih Pekanbaru. 

Hal itu tentu berbanding lurus dengan masa depan Kota Pekanbaru lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu, Plt Kadispusip Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi mengatakan bahwa pemerintah terus memberikan perhatian terhadap keberadaan perpustakaan kecamatan.

Salah satu bentuk perhatian tersebut ialah dengan memberikan pembinaan.

“Apabila perpustakaan kecamatan dapat menjalankan perannya dengan baik, ini bisa menjadi media cerdas dan solusi yang kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” papar Nelfiyonna.

Dalam upaya memperkenalkan perpustakaan dan mendekatkan buku kepada anak, Dispusip Kota Pekanbaru menurunkan dua armada Putaka Keliling (Pusteling).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan Gebyar HAN Tahun 2022 Kota Pekanbaru.

Tidak hanya bisa membaca koleksi buku milik Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru, anak-anak juga tampak antusias mengikuti kegiatan mewarnai yang diadakan pada saat tersebut.***